Kamis, 12 Desember 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 18 November 2019 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Usai putus cinta, kamu pasti terkendala dengan yang namanya 'move on'. Terhambat untuk melupakan si mantan, membuatmu terus mengingat kenangan berdua. Bukan hal yang aneh, pasalnya secara sains, susah melupakan mantan adalah hal yang wajar.

Dilansir dari Psychology Today, susah melupakan mantan berasal dari otak manusia yang menampung segala memori.

Otak manusia pada dasarnya tidak memiliki kapasitas. Kapasitas otak manusia cenderung infinity, sehingga segala kenangan biasanya tersimpan dengan aman di otak.

Banyaknya informasi baru yang masuk, tidak membuat informasi lama dan ingatan lama ikut menghilang. Sebaliknya, hal tersebut terus tersimpan di pikiran dan otakmu.

Sama halnya dengan kenangan berdua bersama sang mantan. Karena otak terlalu menyimpan berbagai kenangan dan kebersamaan, sangat mungkin bahwa terkadang otak terus mengolah informasi tersebut.

Tersimpannya kenangan yang kuat di otak berpadu sempurna dengan intensitas bertemu yang tinggi dan dalam waktu yang teratur. Pertemuan yang sangat sering membuat neuron-neuron di otak mengolah informasi menjadi mudah diingat.

Karena semakin sering teringat, maka akan semakin sulit untuk melupakan kenangan yang pernah ada dan tersimpan.

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Andrik Langfield)

Seorang ahli otak, Dr. John Medina menyebutkan bahwa selain intensitas bertemu yang tinggi, momen emosional juga biasanya sering mudah diingat dan tersimpan lama.

Solusi untuk kamu yang ingin melupakan mantan, tidak perlu berjuang terlalu keras. Karena semakin kamu berusaha melupakan, otak akan menstimulus dengan semakin mengingat kenangan-kenangan tersebut.

Pasalnya, otak manusia sudah sangat terlatih untuk menyimpan informasi-informasi berharga di tempat yang aman dan mudah dipanggil kembali. Kalau sudah begini, jika dipaksakan, proses move on akan terasa semakin sulit.

Melihat beberapa penyebab susah melupakan mantan tersebut, lebih baik menikmati proses dan menanti hingga saat yang tepat untuk move on tiba ya.