Jum'at, 06 Desember 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 19 November 2019 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Sebuah bintang misterius belum lama ini terlihat tengah melaju cukup kencang di galaksi. Diduga kuat, bintang misterius ini berasal dari lubang hitam.

Dilansir dari Independent, menurut ilmuwan, bintang misterius ini keluar dari sebuah lubang hitam yang berada tepat di pusat galaksi Sagitarius A.

Bintang misterius ini melaju begitu cepat hingga terbuang keluar dari galaksi. Diprediksi, bintang tersebut tidak akan lagi menemukan jalan kembali.

Secara ilmiah, para ilmuwan menyebut fenomena ini sebagai pengunjung dari negeri asing yang datang tepat ke tengah galaksi Bima Sakti.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon, bintang misterius tersebut nampak dalam rasi bintang Grus atau bangau.

Foto galaksi Bima Sakti. (Wikipedia Commons/NASA)

Lebih lanjut, bintang misterius ini bergerak 10 kali lebih cepat dari kebanyakan bintang di galaksi.

Akibat kecepatannya yang begitu kencang, bintang misterius ini lalu berjalan keluar meninggalkan galaksi dan tidak akan kembali.

Fenomena satu ini cukup terbilang sangat langka ditemui. Pasalnya, yang terakhir, kejadian melintasnya bintang dengan kecepatan seperti itu sudah terjadi 20 tahun yang lalu.

Hal ini yang lalu membuat para ilmuwan menamakan penemuan ini sebagai hal misterius dan langka terjadi dalam dunia astronomi.

Selain termasuk misterius dan langka terjadi, bintang misterius yang melaju di galaksi ini juga terasa jarang ditemui dengan kecepatan dan jarak yang dekat tersebut.