Minggu, 08 Desember 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 22 November 2019 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Nama Pierre Tendean dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia yang tewas dalam peristiwa G30S. Belum lama ini kisah cinta Pierre Tendean mencuri perhatian netizen.

Dibagikan oleh akun @mazzini_giusepe, kisah cinta Pierre Tendean ini dibagikan dalam sebuah thread panjang yang dibuat pada Rabu (20/11/2019).

Perwira militer ini merupakan pria kelahiran Jakarta berdarah Minahasa dan Belanda Prancis. Menjadi anggota militer merupakan mimpi dan cita-citanya, walaupun kedua orangtuanya meminta agar ia menjadi dokter.

Alasan orangtuanya melarang dirinya menjadi anggota militer karena Pierre Tendean merupakan anak laki-laki satu-satunya dalam keluarga. Namun, hal tersebut tidak meruntuhkan keinginannya menjadi anggota militer.

Benar saja, karir militer Pierre Tendean begitu gemilang. Pada penempatan di Medan, Pierre Tendean akhirnya bertemu dengan sang pujaan hati bernama Rukmini.

Hubungan keduanya berlangsung lancar, Rukmini dibuat jatuh cinta dengan Pierre Tendean yang humoris dan cerdas.

Sedangkan Pierre Tendean jatuh cinta pada Rukmini karena sikapnya yang lembut, pemalu, dan bertutur kata sopan.

Kisah cinta Pierre Tendean. (twitter/mazzini_giusepe)

Pierre Tendean lalu ditugaskan untuk menjadi ajudan Jenderal Nasution dan naik pangkat menjadi Letnan Satu. Sempat menjalani hubungan jarak jauh dan terkendala perbedaan agama, Pierre Tendean mantap melamar kekasihnya dan berencana untuk menikah pada November 1965.

Serius dengan Rukmini, Pierre Tendean berusaha keras dengan mengambil kerja sampingan sebagai supir traktor. Dirinya juga giat mencari hunian di kawasan Menteng untuk dirinya hidup bersama Rukmini setelah menikah.

Hingga terjadi kejadian berdarah pada 30 September 1965, bertepatan dengan ulang tahun ibunya, Pierre Tendean meminta maaf karena tidak bisa pulang di waktu itu. Namun, dirinya berjanji untuk segera pulang usai kegiatan dinas selesai.

Malam 30 September 1965, Pierre Tendean saat itu tidak bertugas piket saat terjadi pengepungan rumah Jenderal Nasution. Bisingnya bunyi tembakan di malam itu, membuat Pierre Tendean bergegas mengenakan jaket dan membawa senjatanya.

Kisah cinta Pierre Tendean. (twitter/mazzini_giusepe)

Salah tangkap lalu terjadi, pasukan Tjakrabirawa malam itu salah mengenali Jenderal Nasution dan menangkap Pierre Tendean.

Saat itulah bersama dengan 6 perwira lainnya, Pierre Tendean yang berumur 26 tahun dieksekusi di lubang buaya. Tubuhnya ditemukan menumpuk di dalam sumur tua.

Hingga malam ulang tahunnya berakhir, sang ibu tidak juga menerima ucapan ulang tahun dari putranya. Dibuat terpukul, melihat peti jenazah anaknya, sang ibu dibuat menangis dan meratap.

''Pierre, Pierre, anakku, apa yang terjadi denganmu'' ucap sang ibu sambil meratap.

Sama terpukulnya, Rukmini dibuat hancur mengetahui bahwa kekasihnya telah meninggal dan rencana pernikahan keduanya yang hanya 2 bulan lagi, tidak akan pernah terjadi. Butuh waktu sekitar 5 tahun sebelum Rukmini akhirnya move-on dan memutuskan untuk menikah dengan pria lain.

Cukup jarang diekspos, kisah cinta Pierre Tendean yang dikisahkan @mazzini_giusepe ini mencuri perhatian hingga menjadi pengetahuan baru untuk netizen yang membacanya.