Jum'at, 13 Desember 2019
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 22 November 2019 | 13:00 WIB

Hitekno.com - Sudah menjadi insting alami bahwa pemilik hewan peliharaan pasti akan melakukan apa saja demi hewan kesukaan miliknya. Pria baik hati ini mendesain "kursi roda" khusus bagi ikan mas peliharaannya yang tidak mampu berenang dengan lancar.

Apabila manusia tidak bisa berjalan dengan sempurna, maka kursi roda bisa menjadi alat untuk membantu mobilitas mereka.

Cukup sulit dipikirkan apabila ikan yang seharusnya bisa berenang mengalami penyakit sehingga mereka tidak bisa berenang dengan lancar.

Seorang pria bernama Henry Kim, yang juga merupakan perancang busana dari Korea Selatan mempunyai ide jenius dalam menolong hewan peliharaannya yang tidak bisa berenang secara sempurna.

Ia membuat "kursi roda" khusus ikan sehingga ikan mas miliknya berhasil bertahan hidup dan bergerak dengan lancar.

Ikan koi yang menggunakan ''kursi roda''. (YouTube/ Caters Clips)

Swim bladder disease atau penyakit gelembung renang adalah penyakit yang sering ditemui pada ikan peliharaan di akurium.

Ikan mas adalah ikan yang paling sering terkena gangguan penyakit tersebut.

Penyakit gelembung renang disebabkan oleh parasit usus atau sembelit yang diakibatkan oleh kadar nitrat tinggi karena makan berlebihan.

Ilustrasi koi yang menderita kelainan pada gelembung renang miliknya. (Wikipedia/ Humanfeather)

Henry Kim sangat sedih karena mengetahui bahwa ikan mas miliknya menderita penyakit itu.

Menurut dokter hewan, ikan yang terkena penyakit gelembung renang cenderung mati dalam beberapa bulan.

Swim bladder atau gelembung renang pada ikan. (Wikipedia/ Algirdas)

Swim bladder atau gelembung renang adalah organ yang sangat penting bagi ikan karena membantu mereka agar seimbang dan tetap mengapung di dalam air.

Kelainan pada gelembung renang dapat membuat ikan berenang miring, tenggelam di dasar akuarium atau bahkan mengapung secara terbalik di permukaan.

Dikutip dari, Ubergizmo, Henry Kim cukup puas dengan "kursi roda" buatannya sehingga ikan mas peliharaannya dapat bertahan hidup lebih dari 5 bulan.

Bahkan kursi roda untuk ikan mas tersebut sangat membantu untuk berenang sehingga sampai saat ini ikan mas tampak sehat dan bisa makan dengan lahap.