Minggu, 08 Desember 2019
Agung Pratnyawan : Minggu, 24 November 2019 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Seorang ilmuwan dan pakar serangga asal Amerika Serikat (AS), mengklaim ada serangga di planet Mars. Namun ungkapannya diragukan oleh NASA.

Pakar serangga dari Universitas Ohio, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ia telah menemukan bukti adanya serangga di Mars.

Ilmuwan AS itu mempresentasikan bukti yang ditemukannya dalam Konferensi Masyarakat Entomologi Amerika di St Louis pekan ini.

William Romoser, entomolog tersebut, mengungkapkan bahwa ia yakin serangga pernah hidup di Mars setelah melihat foto-foto yang dikirim robot laboratorium badan antariksa AS dari Planet Merah itu.

Karya Romoser itu disebarluaskan oleh Universitas Ohio pada Selasa (19/11/2019) dalam sebuah siaran pers bertajuk, "Entomolog Ohio: Foto Tunjukkan Bukti Kehidupan di Mars".

Romoser, dalam karyanya itu, mengatakan di Mars terdapat fosil mirip serangga dan mirip reptil. Itu membuktikan bahwa, klaim Romoser, Mars memiliki kehidupan yang kaya.

Dalam karyanya ilmuwan AS ini menampilkan beberapa foto hasil jepretan NASA di Mars. Ia mengatakan gambar dalam foto-foto tersebut adalah fosil mahluk hidup mirip serangga dan reptil.

Ilustrasi permukaan Mars (Shutterstock).

Tetapi gambar-gambar itu terlalu buram dan, menurut beberapa pihak, lebih mirip batuan di permukaan Mars. NASA sendiri meragukan klaim Romoser itu.

"Kami belum memiliki data ilmiah untuk mendukung klaim ini," jelas NASA dalam pernyataan resminya.

 "Oksigen di Mars tidak cukup untuk mendukung metabolisme. Di Bumi, binatang, khususnya yang kompleks seperti (serangga dan reptil), butuh banyak oksigen," lanjut NASA.

NASA belum mempercayai keberadaan serangga di planet Mars seperti yang dikatakan ilmuwan AS ini karena kurangnya data dan bukti. (Suara.com/ Liberty Jemadu).