Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 28 November 2019 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika mengingat kata Merkurius, kita pasti akan teringat kata pertama dalam sebuah nama planet yang paling dekat dengan Matahari. Tak banyak yang tahu bahwa planet Merkurius mempunyai sisi keindahan tersendiri jika dilihat dari dekat.

Sebuah akun fanspage Twitter bernama Physics & Astronomy Zone (@ZonePhysics) membagikan render video kumpulan foto-foto planet Merkurius jika dilihat dari dekat.

Video yang dibagikan viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 2.200 Retweet dan 8.400 Like dari netizen.

Banyak netizen yang mengungkapkan kekagumannya setelah melihat video tersebut.

"Sangat menakjubkan! Lebih hebat lagi jika mungkin tersedia video 3D untuk VR..," kata @Jeffredmond76.

Penampakan Merkurius dari pesawat luar angkasa MESSENGER. (NASA/ Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/ Carnegie Institution of Washington

"Wow, seperti Bulan dengan warna serta cahaya di atasnya," komentar @HermanHG.

Dikutip dari Space.com, video itu diambil dari ratusan ribu gambar planet Merkurius yang diubah menjadi sebuah video render menakjubkan.

Sebagai referensi, pesawat luar angkasa NASA, MESSENGER, adalah wahana antariksa pertama yang mengorbit planet Merkurius.

Pesawat luar angkasa tersebut mengorbit di sekitar planet Merkurius pada tahun 2011 dan mengakhiri misinya pada tahun 2015.

MESSENGER mengambil lebih dari 200 ribu foto planet Merkurius dari berbagai sudut pandang.

Titik putih berbentuk lingkaran dengan warna merah di sekelilingnya adalah kawah yang dimiliki oleh planet Merkurius.

Kawah Alver dari Merkurius. (NASA/ Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/ Carnegie Institution of Washington

Beberapa kawah yang cukup terkenal adalah kumpulan kawah Alver yang terdapat di bagian sisi kiri cakrawala Merkurius dan kawah Berlioz yang mempunyai diameter sepanjang 5 kilometer.

Kumpulan kawah yang tersebar di Merkurius, pegunungan yang menjulang serta jurang-jurang besar mirip Mars membuat render video semakin terlihat menakjubkan.

Mirip dengan sebuah kelereng yang bertabur gemerlap berlian, tak heran penampakan video render planet Merkurius viral di Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Planet Ban dan Gojek, Hadirkan Program Khusus Mitra Driver