Jum'at, 13 Desember 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 02 Desember 2019 | 07:00 WIB

Hitekno.com - Dalam laporan terbaru, ilmuwan baru saja menemukan sebuah black hole misterius berukuran jumbo. Bukannya takjub, ilmuwan justru dibuat bingung dengan black hole satu ini.

Rasa bingung yang dirasakan ilmuwan ini karena kepercayaan bahwa tidak ada black hole lain yang memiliki massa besar lebih dari Matahari.

Dilansir dari Business Insider, kepercayaan mengenai hal ini mulai rusak ketika belum lama ini ditemukan black hole misterius dengan ukuran jumbo. Hal ini lalu membuat ilmuwan bingung.

Black hole misterius ini lalu dinamakan LB-1 dan pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan dari National Astronomical Observatory of China.

Mengenai lokasi black hole ini ada pada sekitar 15.000 tahun cahaya dari Bumi.

Ilustrasi Lubang Hitam. (NASA/Event Horizon Telescope collaboration et al.)

Ukuran black hole misterius ini cukup mengejutkan adalah dengan massa yang 70 kali lebih besar dari massa matahari. Para ilmuwan percaya bahwa black hole dengan ukuran massa jumbo ini tidak seharusnya ada di galaksi.

Secara ilmu pengetahuan, black hole terbentuk dari sisa massa bintang. Sedangkan bintang di galaksi tidak mengeluarkan gas dengan sisa massa yang begitu besar. Mengejutkan saat menemukan black hole berukuran jumbo ini.

Berdasarkan pantauan black hole LB-1 ini memiliki massa yang dua kali lebih besar dari black hole lain yang sebelumnya ditemukan. Menjadi tugas para ilmuwan untuk menjelaskan mengenai asal mula black hole berukuran jumbo tersebut.

Ilustrasi Lubang Hitam. (NASA)

Walau belum terbukti secara pasti, namun para ilmuwan menduga bahwa black hole LB-1 ini kemungkinan lahir dari kematian bintang. Kemungkinan yang lain adalah bahwa black hole ini terdiri dari dua black hole yang saling mengorbit.

Penjelasan lainnya, black hole misterius berukuran jumbo ini merupakan supernova fallback saat massa yang bintang lepaskan kemudian mati dan masuk ke inti lubang hitam lalu membuat massa black hole tersebut semakin besar.

Penelitian berikutnya mengenai black hole misterius berukuran jumbo yang bikin ilmuwan bingung ini masih terus dilakukan untuk menemukan asal muasal black hole ini.