Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 05 Desember 2019 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ancaman asteroid untuk Bumi memang bukan main-main. Menjelang akhir tahun, beberapa asteroid melaju kencang ke Bumi dan hampir melakukan tabrakan. Berbagai analisa dilakukan, ilmuwan belum lama ini dengan yakin menyebut bahwa Bumi bisa saja kiamat karena asteroid.

Hal ini diungkap oleh seorang ilmuwan asal Irlandia. Dengan berbagai pertimbangan dan analisa, ilmuwan ini menyebut bahwa kiamat pasti akan datang karena diakibatkan oleh asteroid raksasa.

Dilansir dari BBC, professor Alan Fitzsimmons seorang guru besar astrofisika dari Queen University di Belfast, Irlandia Utara adalah ilmuwan yang dengan yakin menyebut hal ini dapat terjadi.

Alan Fitzsimmons menyebutkan bahwa Bumi nanti mungkin akan menghadapi resiko kiamat akibat asteroid. Dan hal itu sangatlah serius dan mengancam.

Untuk mengatasi masalah ini, Alan Fitzsimmons menyarankan agar manusia bersiap dan memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk menghindari hal mengerikan ini dapat terjadi nantinya.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)

Pendapat ini bukannya tidak berdasar, Alan Fitzsimmons menyampaikan hal ini mengingat setiap harinya ada saja asteroid baru yang muncul. Astronom bahkan menemukan 2.000 asteroid, komet, dan benda-benda langit lainnya yang mengancam Bumi.

Hal ini yang membuat kemungkinan akan terjadinya kiamat akibat asteroid dapat terjadi kapan saja dan hanya alam yang mengetahuinya.

Kiamat yang lebih buruk dapat terjadi jika dibandingkan dengan kiamat kecil yang terjadi 66 juta tahun yang lalu saat asteroid memusnahkan dinosaurus.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

Penanganan bencana salah satunya dengan bom nuklir yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk menghalau asteroid yang menuju Bumi ini adalah salah satunya yang sedang diupayakan.

Walaupun Alan Fitzsimmons begitu yakin bahwa Bumi akan kiamat akibat asteroid, NASA justru sebaliknya. NASA yakin bahwa tidak ada asteroid atau benda labgit apapun yang bisa menghancurkan Bumi.

BACA SELANJUTNYA

Jarak Bumi ke Mars Jutaan Kilometer, Berapa Waktu Perjalanannya?