Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Desember 2019 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan dikejutkan dengan temuan baru pada mumi mesir kuno berusia 3 ribu tahun. Temuan ini menunjukkan adanya sebuah tato misterius.

Tato ini ditemukan berkat teknologi inframerah baru yang dikembangkan untuk penelitian mumi mesir kuno. Apakah ini tato tertua di dunia?

Sebelumnya tato serupa diidentifikasi oleh arkeolog Anne Austin dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 lalu.

Tato-tato itu menggambarkan simbol konotasi keagamaan dan memiliki motif bunga, hewan, dan dewa.

"Pada 2014, misi Institut Françd’Archéologie Orientale (IFAO) mengidentifikasi mumi yang bertato secara luas dari nekropolis di Deir el-Medina. Sejak itu, kami telah mengidentifikasi beberapa mumi yang memiliki tato," tulis Anne Austin dalam penelitiannya.

Austin dan timnya meneliti mumi pada 2017 dan dilakukannya kembali pada tahun ini.

Penemuan baru ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Schools of Oriental Research. Namun, tato-tato baru itu belum dapat diidentifikasi seperti apa bentuk atau simbol yang digunakan.

Ilustrasi mumi. (Shutterstock)

"Tampilan dan konten tato ini mengungkapkan bagaimana tato digunakan dalam praktik keagamaan dan untuk membentuk identitas publik yang permanen," tambahnya.

Desain dan penempatan tato sangat bervariasi di antara mumi-mumi tersebut, tetapi jumlah tato yang ditemukan menunjukkan bahwa praktik itu kemungkinan merupakan bagian dari budaya Deir el-Medina.

Dilansir laman IFL Science, Deir el-Medina pernah menjadi desa kuno bagi pengrajin yang membangun makan kerajaan di Lembah Para Raja dan Lembah Para Ratu.

Menurut Ancient History Encyclopedia, tidak seperti peradaban lainnya pada masa itu, Deir el-Medina adalah sebuah komunitas yang ditujukan untuk menampung para pekerja yang dikenal sebagai "Pegawai di Tempat Kebenaran".

Tempat ini telah digali sejak awal abad ke-20 dan ditemukan berbagai macam informasi mengenai kehidupan sehari-hari masyarakat zaman dulu yang tinggal di sana, serta peran mereka dalam membangun tempat peristirahatan raja.

Penemuan tato di mumi mesir kuno ini membuka banyak spekulasi baru akan kehidupan manusia di masa lalu. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Istri Curhat Rendy Kjaernett Buat Tato Wajah Syahnaz Sadiqah di Punggung, Netizen: Secinta Itu Kah Sama Selingkuhan?