Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 10 Desember 2019 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah perisai kuno yang ditemukan di kuburan berusia 2.200 tahun berhasil memukau ilmuwan dan siapa saja yang melihatnya. Bagaimana tidak, setelah proses konservasi selesai, sebuah perisai Zaman Besi yang terlihat gagah, keren, dan kokoh menjadi bukti bahwa prajurit elit kuno dilengkapi peralatan perang luar biasa.

Arkeolog dan ilmuwan sepakat bahwa penemuan yang berada di situs Pocklington ini merupakan salah satu penemuan fenomenal yang ada di Inggris.

Sebenarnya perisai kuno tersebut ditemukan oleh arkeolog pada Juli 2018, namun ilmuwan baru berhasil menyelesaikan konservasinya pada awal Desember 2019.

Cukup unik, perisai kuno ini mempunyai permukaan cembung yang menyerupai bola di tengah-tengahnya.

Pada bagian samping, terdapat ukiran melingkar yang bisa saja berfungsi untuk mengintai prajurit musuh ketika sedang bertahan dari gempuran panah.

Perisai berumur 2.200 tahun ini diyakini milik prajurit atau orang terpandang di wilayah Inggris saat itu. (Map Archaeological Practice)

Tim arkeolog yang tergabung dalam organisasi MAP Archaeological Practice menjelaskan bahwa perisai kuno tersebut mempunyai tinggi sekitar 75 sentimeter.

Rekonstruksi berhasil mengungkapkan pola rumit yang mengelilingi perisai.

Makam di situs Pocklington dipercaya menyimpan jasad seorang lelaki berusia 40-an ketika dia meninggal.

Di dalam makam, ikut terkubur kereta perang lengkap dengan dua ekor kuda.

Makam kuno di Pocklington, Inggris saat sedang diteliti oleh para arkeolog. (Twitter/ MAParchPractice)

Ilmuwan juga menemukan beberapa sendi babi dan garpu pesta yang melekat pada tulang rusuk babi.

Dikutip dari Live Science, ilmuwan berasumsi bahwa pemakaman mewah seperti ini hanya dilakukan bagi "orang penting" atau prajurit elit di zaman kuno.

"Penguburan yang rumit ini menunjukkan bahwa orang yang meninggal di makam itu pastilah anggota penting di masyarakatnya," kata Paula Ware, pimpinan arkeolog di MAP Archaeological Practice.

Perisai kuno ini dianggap sebagai salah satu penemuan kuno paling penting di Inggris. (Twitter/ MAParchPractice)

Praktik penguburan bangsawan dekat dengan kereta di Bulgaria diprediksi sangat populer selama masa Kekaisaran Romawi, yang berlangsung sekitar 2.100 hingga 1.500 tahun yang lalu.

Sekitar 2.500 tahun lalu, seorang pangeran Celtic di tempat yang sekarang dikenal sebagai Perancis mempunyai makam mewah lengkap dengan tembikar indah, tempat minum berlapis emas dan sebuah kereta perang.

Penemuan mengenai perisai kuno berusia 2.200 tahun ini sangat penting bagi ilmuwan karena mereka bisa tahu kebiasaan penguburan secara spesifik para bangsawan dan prajurit kuno di Inggris.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Koridor Misterius di Piramida Cheops Mesir