Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 18 Desember 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama 2019 ini, tercatat banyak kejadian atau peristiwa luar angkasa yang mencengangkan. Dimulai dari awal tahun sudah dibuat heboh.

Gerhana Bulan Serigala atau Super Blood Wolf Moon yang terjadi di Januari 2019 menjadi peristiwa yang ramai secara global.

Pasalnya peristiwa luar angkasa satu ini terlihat dari berbagai belahan dunia. Dari Benua Amerika, Eropa, dan Afrika.

Pembahasan kejadian luar angkasa 2019 juga diramaikan oleh banyaknya asteroid yang bermunculan. Termasuk adanya upaya mengambil material dari asteroid.

Tidak ketinggalan kejadian-kejadian menghebohkan yang dialami para astronot ketika bertugas di luar angkasa, terutama di Stasiun Luar Angkasa.

Dari sekian banyaknya peristiwa di Luar Angkasa sepanjang 2019, berikut ini tim HiTekno.com kumpulkan 4 di antaranya yang paling menghebohkan.

1. Gerhana Bulan Serigala Terjadi di Januari 2019

Ilustrasi Gerhana Bulan ( Pixabay)

Super Blood Wolf Moon ini merupakan fenomena langit yang tak biasa. Kata super artanya gerhana Bulan ini terjadi saat purnama sekaligus berada dekat dengan Bumi.

Dengan posisinya di titik terdekat dengan Bumi, maka bulan akan memancarkan cahaya yang lebih terang dan besar dari biasanya.

Lalu kata blood sebagai sebutan jika warna Bulan akan memerah seperti darah. Warna ini bisa terbentuk karena bayangan Bumi menutupi permukaan Bulan.

Sedangkan kata wolf berasal dari kata serigala. Ketika bulan purnama tiba, biasanya serigala akan keluar lalu melolong.

Soal Gerhana Bulan Serigala, baca selengkapnya...

2. Toilet Amerika Serikat di Stasiun Luar Angkasa Meledak

Toilet NASA di ISS yang harganya mencapai Rp 256 miliar. (NASA)

Toilet Amerika di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dikabarkan meledak sehingga menimbulkan kebocoran. Insiden yang terjadi pada hari Jumat (01/02/2019) di ISS tersebut juga menyebabkan lebih dari 10 liter air harus dikumpulkan kembali menggunakan handuk.

Toilet di ISS milik NASA diketahui dibeli dari perusahaan luar angkasa Rusia, Korolev Rocket and Space Public Corporation atau dikenal sebagai RSC Energia.

NASA harus merogoh kocek sangat mahal yaitu sebesar 19 juta dolar AS atau Rp 265 miliar untuk toilet ini.

Lebih lanjut soal Toilet Amerika Serikat, baca selengkapnya...

3. Asteroid Besar Bernama God of Chaos Akan Melintas Bumi

Ilustrasi orbit asteroid God of Chaos (warna biru) saat melintas dekat dengan Bumi. (Wikipedia/ NASA)

NASA diketahui sedang mempersiapkan kedatangan asteroid besar bernama God of Chaos atau Dewa Kekacauan.

Asteroid tersebut berukuran sangat besar dengan lebar 340 meter sehingga dikategorikan ilmuwan sebagai Potentially Hazardous Asteroids (PHA) atau asteroid yang berpotensi membahayakan Bumi.

Membawa kode Apophis 99942, asteroid ini pertama kali ditemukan oleh para astronom Australia di Kitt Peak National Observatory pada Juni 2004.

Kenapa asteroid God of Chaos ini berbahaya? Baca selengkapnya...

4. Pemandangan Sempurna Jupiter Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Penampakan Planet Jupiter. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill)

Pada malam hari tanggal 10 Juni 2019, Bumi akan menempati posisi sempurna dengan Jupiter. Itu memungkinkan penduduk Bumi bisa melihat planet terbesar di Tata Surya dengan mata telanjang.

Dalam laporan resmi dari NASA, Jupiter akan terlihat sangat besar dan cerah di langit malam serta dapat dinikmati dengan mata telanjang.

Apabila mempunyai teropong atau teleskop kecil, pemandangan Jupiter akan semakin jelas lagi.

Dengan teleskop atau teropong amatir, penduduk Bumi bahkan bisa mengamati empat Bulan terbesar yang mengelilingi Jupiter.

Lebih lanjut soal planet Jupiter yang terlihat dengan mata telanjang, baca selengkapnya...

Itulah empat peristiwa luar angkasa yang menghebohkan sepanjang 2019 ini. Selain keempatnya, masih banyak kejadian lain yang terjadi di luar sana.

BACA SELANJUTNYA

One Punch Man: Apakah Saitama Bisa bernafas di Luar Angkasa?