Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 15 Januari 2020 | 13:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kabar gembira dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait Siklon Claudia. Menurut BMKG, Siklon Claudia telah bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

BMKG menjelaskan kalau kini Siklon Claudia mulai bergerak ke arah barat daya Australia menjauhi Indonesia.

"Dia (saat ini) bergerak di barat daya Australia," kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Kantor BMKG Jakarta, sebagaimana lansiran laman Antara.

Dengan pergerakan yang mengarah ke barat daya Australia itu, siklon tersebut, katanya, tidak akan mengganggu atau berdampak terhadap wilayah Indonesia.

"Tidak ada pusaran angin yang menuju badai itu yang melewati Indonesia. Jadi akan relatif lebih aman," katanya.

Ilustrasi Siklon Claudia. [Wikipedia]

Ia mengatakan bahwa dua hari sebelumnya, tiupan angin kencang akibat pergerakan siklon tersebut di atas wilayah Indonesia telah merusak beberapa bangunan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Selain itu, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur juga terkena dampak tiupan angin kencang dan hujan deras akibat pergerakan siklon tersebut, kata laporan yang diterima BMKG.

Kemudian, Siklon Claudia juga menyebabkan banjir di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat akibat hujan deras yang memiliki curah intensitas tinggi.

Namun, saat ini siklon tersebut telah menjauh karena itu masyarakat tidak perlu lagi mengkhawatirkan kemungkinan dampaknya terhadap wilayah Indonesia.

Itulah penjelasan BMKG mengenai Siklon Claudia yang mulai bergerah menjauhi wilayah Indonesia. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Andalkan Desain Stylish dan Kemampuan Fotografi, Cek Berapa Harga Vivo V30 di Indonesia