Kamis, 18 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 17 Januari 2020 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika kita masih dalam usia sekolah, sepatu biasanya harus segera diganti apabila sudah memasuki rentang waktu 1-2 tahun karena ukuran kaki kita yang mulai membesar. Namun, di luar sana, masih banyak anak miskin yang tidak mempunyai sepatu atau bahkan memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran.

Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak mampu membeli sepatu baru sehingga sepatu lama mereka harus terus digunakan.

Seorang aktivis pada organisasi non-profit yang bernama Kenton Lee menyadari hal tersebut dan segera bertindak.

Dibantu oleh para insinyur di organisasi Because International, mereka dapat membuat sepatu canggih yang bisa membesar hingga 5 ukuran.

Itu berarti anak-anak yang tidak mampu dapat mempunyai sepatu yang bisa mereka pakai dalam kurun waktu 4 hingga 5 tahun.

Sepatu yang disediakan mempunyai beberapa ukuran (dalam Eropa), yaitu 21-25, 25-29, 31-35, 36-40, dan 41-45.

Ide Kenton Lee berawal saat ia bekerja di Nairobi, Kenya, pada tahun 2007.

Pada tahun 2010 lalu, penelitian internasional mengungkapkan bahwa sebanyak 2 juta anak di seluruh dunia tidak mempunyai sepatu karena kondisi ekonomi mereka yang tidak mampu.

Sementara 8 hingga 10 juta mempunyai sepatu yang tidak sesuai ukuran.

Anak-anak yang memakai sepatu yang kekecilan bisa mengalami infeksi, penyakit cacingan bahkan parasit yang bisa memasuki tubuh mereka.

Sebuah akun Twitter milik Dr. Kash Sirinanda (@kashthefuturist) membagikan video inspiratif mengenai anak-anak Afrika yang mempunyai sepatu baru.

Dalam video, terdapat anak-anak yang mempuyai sepatu bernama The Shoe That Grows.

Insinyur di Because International yang bekerja sama dengan desainer dari Proof of Concept berhasil menyempurnakan desain sepatu The Shoe That Grows.

Dikutip dari Buzz Worthy, sepatu dengan teknologi canggih ini sudah diproduksi sejak tahun 2016 dan kini telah membantu puluhan ribu anak tak mampu di Kenya.

Bagi para donatur yang ingin bergabung, mereka bisa mengunjungi situs resmi Because International dan menyumbangkan 15 hingga 30 dolar AS atau Rp 200 ribu hingga Rp 410 ribu untuk sepasang sepatu.

Kenton Lee saat mengenalkan The Shoe That Grows. (YouTube/ Kenton Lee)

Sepatu canggih yang bisa membesar hingga 5 ukuran ini mendapatkan beragam komentar positif dari netizen.

"Satu dari teknologi terbaik yang pernah aku lihat," @Jimisscale.

"Keren, desainer berhati mulia benar-benar membantu anak-anak yang kurang mampu," tulis @SamCurtis.

Itulah tadi sepatu canggih yang dibuat oleh para insinyur dari Because International sehingga bisa membantu anak-anak tak mampu di Kenya, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Dapat Sepatu dari Brand Mahal di Thrift Shop, Logonya Malah Bikin Netizen Kecewa