Rabu, 08 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 29 Januari 2020 | 11:42 WIB

Hitekno.com - Kemarin, Selasa (28/1/2020) warga Dusun Kalijeruk II, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman dihebohkan penemuan yang diduga barang yang berusia tua mirip arca

Benda yang ditemukan itu merupakan patung pahatan dari batu, atau lazim disebut sebagai arca, yang diduga berasal dari sebuah candi.

Foto penampakan arca candi tersebut dibagikan ke Twitter oleh pengguna akun @CandrasSetyawan pada Selasa sore. Berdasarkan keterangan yang ia tulis, selama ini kedua arca itu terpendam di bawah kotoran sapi.

Arca ditemukan di Dusun Kalijeruk II, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Selasa (28/1/2020). - (Twitter/@CandrasSetyawan)

Ada empat foto yang dibagikannya. Keempat foto itu memperlihatkan dua arca candi di atas lumpur. Satu di antaranya berbentuk manusia, sedangkan yang lain menyerupai hewan.

Di belakang kedua arca tersebut, terlihat pula alat berat yang tampaknya dioperasikan untuk menggali limbah pembuangan kotoran sapi di lokasi.

Sejumlah warganet yang mengomentari unggahan @merapi_news pun mengungkapkan keheranannya menyaksikan foto-foto arca itu.

Menurut keterangan si pengunggah, penemuan dua arca candi ini sudah ditangani Polsek Ngemplak, sehingga sudah dievakuasi dari lokasi penemuan.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak berwenang soal penemuan arca tersebut.(Suara.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)