Selasa, 18 Februari 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 11 Februari 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Foto orangutan julurkan tangan untuk membantu penjanga hutan tiba-tiba viral di media sosial. Momen ini diabadikan oleh fotografer bernama Anil Prabhakar.

Saat itu, Anil Prabhakar sedang mengunjungi kawasan hutan konservasi di Kalimantan untuk menyaksikan penangkaran orangutan.

Tampak dalam foto tersebut, orangutan mengulurkan tangannya kepada seorang pria yang setengah tubuhnya terendam di sungai.

Dilaporkan oleh Bored Panda, Sabtu (8/2/2020), pria yang terjebak di sungai itu merupakan penjaga hutan. Ia bekerja untuk organisasi nirlaba bernama Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

Menurut cerita Anil Prabhakar, penjaga hutan sebenarnya sedang membasmi ular yang ada di sungai. Ular merupakan musuh bagi orangutan.

"Seseorang memberi tahu dia ada ular di sungai. Sang penjaga hutan pergi ke sana dan membersihkan semak-semak. Orangutan mendekat ke tepian dan menonton apa yang pria itu lakukan. Dia kemudian mendekat dan memberikan tangannya," cerita Anil Prabhakar.

Tepat saat Prabhakar bersiap untuk mengambil foto, orangutan mengulurkan tangannya kepada penjaga hutan tersebut. Namun si penjaga hutan menolaknya.

Viral orangutan julurkan tangan bantu pria yang terjebak di sungai (instagram/@anil_t_prabhakar)

Anil Prabhakar menceritakan bahwa penjaga hutan menolak untuk menyambut tangan orangutan. Sang penjaga hutan mengatakan bahwa dia tidak ingin menyentuh binatang liar yang tidak dikenal.

"Penjaga hutan lalu menyingkir. Saya bertanya kepadanya mengapa dia menolak, dia berkata: 'Dia binatang liar, bukan hewan yang kita kenal'. Tetapi kami harus melindungi mereka," tutur fotografer ini.

Foto karya Anil pun tersebar luas di media sosial dan dimuat oleh berbagai media nasional maupun internasional.

Untuk diketahui, BOSF kurang lebih memiliki 400 pekerja yang bertugas melindungi habitat orangutan, yang terancam oleh deforestasi.

Yayasan yang didirikan pada tahun 1991 ini sedang merawat 650 orangutan.

Anil Prabhakar fotografer yang memotret orangutan bantu penjaga hutan (instagram/@anil_t_prabhakar)

"Dengan melindungi orangutan di habitat aslinya, seluruh flora dan fauna lainnya juga dilindungi. Melindungi habitatnya sama pentingnya bagi manusia seperti halnya bagi satwa liar," kata situs resmi BOSF.

Ada 160 spesies ular yang mendiami hutan hujan tropis Kalimantan dan banyak dari mereka menjadi ancaman serius bagi orangutan.

Untuk melindungi hewan-hewan ini, pekerja BOSF mencoba membasmi ular di sungai dan juga mengajar orangutan untuk waspada terhadap bahaya di dalam hutan.

Dengan bantuan ular karet, pekerja BOSF membantu orangutan belajar untuk sadar akan adanya ular.

Itulah kisah foto orangutan julurkan tangan untuk membantu penjanga hutan yang viral di media sosial. (Suara.com/ Rifan Aditya).