Kamis, 27 Februari 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 12 Februari 2020 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Istilah "lone wolf" biasanya termasuk istilah kekinian yang ditujukan untuk menggambarkan sifat seorang introvert. Itu adalah sebuah istilah yang berasal dari perilaku serigala.

Seekor lone wolf atau serigala penyendiri ini ditemukan mati setelah terekam menempuh perjalanan sejauh 14 ribu kilometer selama dua tahun.

Ia telah menghabiskan banyak waktu di Butte, Lassen, Modoc, Nevada, Plumas, Shasta, Sierra, Siskiyou dan Tehama County.

Ilmuwan menemukan serigala betina yang dikenal sebagai lone wolf telah mati di perbatasan California dan Oregon Amerika Serikat.

Dalam rilis resmi yang diberikan oleh organisasi bernama Biological Diversity, kematian hewan dengan kode penelitian OR-54 ini dianggap cukup tragis.

Serigala dengan kode OR-54 telah dilacak oleh ilmuwan selama 2 tahun terakhir. (YouTube/ Sacramento Bee)

Masih belum jelas mengenai penyebab kematiannya, namun polisi hingga peneliti sedang mendalami kasus tersebut.

Lone wolf atau serigala penyendiri merupakan istilah yang biasanya ditujukan bagi serigala betina tua yang dikeluarkan dari kelompoknya.

Serigala betina tua tersebut sering "dikeluarkan" oleh pengembangbiakan jantan atau serigala dewasa muda yang mencari wilayah baru.

Banyak serigala betina berusia baru satu sampai empat tahun yang meninggalkan keluarga mereka untuk mencari kawanan mereka sendiri.

Ilustrasi spesies serigala abu-abu atau Canis lupus. (Wikipedia/ Kolmarden)

Mekanisme ini digunakan oleh serigala untuk menghindari perkawinan sedarah.

Beberapa dari serigala itu menjadi serigala tunggal dan berkelana sendirian.

Serigala penyendiri kemungkinan lebih kuat dan lebih agresif serta jauh lebih berbahaya daripada serigala kawanan.

Dikutip dari IFLScience, pada tanggal 05 Februari 2020, kerah radio serigala penyendiri dengan kode OR-54 berhenti berfungsi.

Serigala abu-abu (Canis Lupus) menjadi perhatian ilmuwan karena jumlah mereka telah menyusut tajam.

"Kami sedang menyelidiki kematian OR-54. Kami mengingatkan masyarakat bahwa membunuh serigala adalah kejahatan potensial dan dapat dikenakan hukuman serius termasuk penjara," tulis keterangan resmi dari California Department of Fish and Wildlife.

Spesies serigala abu-abu termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan Federal Endangered Species Act di AS sejak tahun 1974 sehingga kematian lone wolf atau serigala penyindiri ini cukup disayangkan.