Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 17 Februari 2020 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA baru-baru ini mengunggah versi jelas dari foto Bumi di Antariksa yang sekitar 30 tahun yang lalu pernah diambil oleh wahana antariksa Voyager. Nampak dalam foto tersebut, Bumi nampak begitu kecil di tengah antariksa.

Versi jelas dari foto Bumi yang diambil Voyager ini sengaja dipamerkan oleh NASA untuk memperingati 3 dekade usai foto tersebut diambil.

Karena datang dalam versi jelas, potret Bumi dari Voyager ini nampak memperlihatkan Bumi begitu kecil di tengah luasnya alam semesta.

Potret Bumi ditengah Antariksa ini diambil dari jarak sekitar 6 miliar kilometer dan disebut oleh para ilmuwan sebagai Pale Blue Dot.

Saat itu, foto Bumi di Antariksa ini menjadi yang terakhir yang diambil Voyager sebelum kemudian sistem kameranya dimatikan untuk menghemat daya penggunaan.

Foto Bumi di Antariksa. (NASA)

Mengutip Space.com, Voyager diketahui telah menjelajahi seluruh planet di Tata Surya dan terus melintar hingga batas yang tidak diketahui.

Dengan memanfaatkan seluruh teknologi terbaru dan paling mutakhir, foto Bumi ini lalu dirilis kembali dalam versi yang lebih jelas dan relevan jika dibandingkan sebelumnya.

Foto Bumi di Antariksa dengan bentuk yang kecil ini bagi para ilmuwan adalah hal yang perlu menjadi renungan bagi manusia agar memperlakukan Bumi dengan baik.

Ilustrasi cara kerja Voyager. (NASA)

Garry Hunt selaku anggota tim Voyager menjelaskan bahwa dirinya secara berkala memperlihatkan foto Bumi di Antariksa ini pada siapa saja saat melakukan kampanye perubahan iklim.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa manusia patut bersyukur berada di Bumi yang berbentuk dot kecil berwarna biru di antariksa yang luas dan megah ini.

Bagi para ilmuwan, versi jelas dari foto Bumi di Antariksa yang diambil Voyager ini adalah penemuan dan pengembangan menakjubkan yang disyukuri dapat ditemukan di tahun 2020 ini.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Planet Berkabut, Wujud Mirip Neptunus