Rabu, 27 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 23 Februari 2020 | 16:00 WIB

Hitekno.com - Salah satu ilmuwan pembuat robot di Jepang tengah mengembangkan robot anak yang dapat merasakan sakit. Robot android berbentuk anak kecil ini, dibuat serealistis mungkin karena para ilmuwan ingin robot tersebut dapat memahami dan berempati kepada manusia.

Para ilmuwan dari Universitas Osaka, mengembangkan kulit sintetis yang mengandung sensor untuk mendeteksi perubahan tekanan pada kulit, seperti sentuhan ringan atau pukulan keras. Sistem saraf yang bisa merasakan sakit ini, dihubungkan ke robot android yang mampu bereaksi terhadap sensasi atau rasa sakit tersebut lewat ekspresi wajah.

Dinamai Affetto, robot anak itu pertama kali diumumkan oleh Universitas Osaka pada 2011. Saat itu, robot tersebut masih berbentuk kepala realistis yang mampu menciptakan berbagai ekspresi, seperti tersenyum dan mengerutkan kening.

Robot mirip Baymax, Affetto. [Osaka.u-ac]

Penciptaan Affetto bertujuan untuk membuat robot sosial yang lebih realistis yang dapat berinteraksi lebih dalam dengan manusia. Jepang sendiri telah mengembangkan robot sosial yang tersebar di panti jompo, sekolah, dan kantor untuk membantu dan berinteraksi dengan manusia dalam kehidupan sehari-hari.(Suara,com/ Lintang Siltya Utami)