Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 28 Februari 2020 | 21:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika asteroid biasanya begitu menyeramkan, asteroid satu ini justru berubah wujud usai terperangkap selama 3 tahun di orbit Bumi. Asteroid ini mendadak berubah menjadi Bulan dalam ukuran kecil.

Berdasarkan laporan terbaru, asteroid yang terperangkap selama 3 tahun di gravitasi Bumi ini telah berubah menjadi Bulan dan dikenal sebagai objek yang ditangkap sementara.

Melansir Universe Today, asteroid yang telah berubah menjadi Bulan ini pertama kali mencuri perhatian ilmuwan pada 15 Februari 2020 lalu. Ilmuwan lalu menamakan Bulan ini mini moon.

Usai diteliti, asteroid yang telah berubah bentuk ini lalu mendapat nama 2020 CD3. Walaupun mendadak berubah menjadi Bulan, dapat dipastikan jika umur benda langit ini tidak akan lama.

Asteroid yang berubah wujud ini kemungkinan akan terlepas dari orbit di sekitar Bumi pada April 2020 mendatang.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)

Nantinya, benda langit ini akan masuk ke orbit heliosentris di sekitar Matahari untuk kemudian meneruskan perjalanannya sesuai orbit tersebut.

Penelitian mendalam akan terus dilakukan untuk asteroid yang berubah menjadi Bulan ini. Penelitian ini akan terus dilakukan di Lunar and Planetary Laboratory Universitas Arizona di Tuscon, Arizona.

Lebih lanjut, penelitian ini akan mendapat dana besar dari NASA serta didukung oleh Program Observasi Objek Dekat Bumi. Program ini diketahui membantu NASA untuk menemukan dan melacak berbagai objek dekat Bumi yang kemungkinan berbahaya.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/skeeze)

Ini bukan pertama kalinya sebuah asteroid masuk ke orbit Bumi dan terperangkap dalam waktu yang cukup lama.

Namun, khusus untuk kasus asteroid yang berubah jadi Bulan saat masuk ke orbit Bumi ini dianggap oleh para ilmuwan sebagai hal unik yang wajib dilakukan penelitian mendalam.

BACA SELANJUTNYA

Hyundai Siap Luncurkan Kendaraan Penjelajah Bulan di 2027