Sabtu, 11 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 09 Maret 2020 | 16:14 WIB

Hitekno.com - Pada awal 2021 nanti, SpaceX berencana bawa tiga turis plesir ke International Space Station (ISS). Bagi yang tertarik melakukan perjalanan antariksa ini, SpaceX kolaborasi dengan Axion Space, sebuah startup yang berbasis di Houston, Amerika Serikat. 

Nantinya, ketiga turis itu akan melakukan perjalanan ke ISS dengan menunggangi kapsul Crew Dragon SpaceX yang sanggup memuat empat penumpang dan saat ini dalam tahap akhir pengujian.

Sedangkan kursi keempat akan ditempati seorang astronot terlatih dari Axiom yang akan menjadi pemandu wisata, sekaligus bertindak sebagai komandan penerbangan dan mengawasi para turis selama delapan hari mereka di ISS.

Hanya saja, baik SpaceX maupun Axiom belum mengungkapkan harga tiket pergi ke luar angkasa. Meski begitu, The New York Times menyebut bahwa Axiom sempat mengatakan bahwa satu kursi saja menelan biaya 55 juta dolar AS atau sekitar Rp 748 miliar.

Logo SpaceX. [Shutterstock]

CEO Axiom Micheal Suffrendini mengatakan, penerbangan wisatawan ke luar angkasa ini akan menjadi momen penting bagi masyarakat sipil yang akhirnya bisa mengangkasa.

"Ini akan menjadi yang pertama dari banyak misi ke ISS yang sepenuhnya diawaki dan dikelola oleh Axiom Space-yang pertama untuk entitas komersial," sebut Suffrendini, seperti dikutip laman CNBC, Senin (9/3/2020).(Suara.com/Tivan Rahmat)