Selasa, 31 Maret 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 22 Maret 2020 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Lady Gaga dikenal sebagai penyanyi dan ikon model dengan selera fashion unik dan bombastis. Sebuah spesies baru serangga yang mempunyai bentuk aneh justru dinamai oleh ilmuwan dengan nama mirip Lady Gaga.

Diberi nama Kaiakaia gaga, hewan ini adalah spesies (dan genus) baru dari famili Membracidae.

Itu adalah sebuah famili serangga yang relatif kecil serta ditandai oleh wajah vertikal dan "thorax yang diperbesar secara aneh".

Dikenal juga sebagai wereng pohon, serangga ini punya hubungan kerabat dekat dengan belalang.

Bedanya, jika dibandingkan dengan belalang, wereng pohon lebih suka muncul di kulit pohon daripada rerumputan.

Kaikaia gaga diberi nama mirip Lady Gaga karena bentuknya yang unik. (Wikipedia/ Morris)

Christoper Dietrich dan Brendan Morris dari Carnegie Museum of Natural History dan University of Illinois adalah dua orang yang berjasa dalam meneliti serta memberi nama spesies baru "mirip" Lady Gaga ini.

Brenda Morris menilai bahwa Kaiakaia gaga mempunyai bentuk yang indah dan warna yang "keterlaluan".

"Saya terkejut bahwa sebuah kelompok yang berusia sekitar 40 juta tahun memiliki begitu banyak keanekaragaman bentuk. Kami berpendapat bahwa bentuk ini belum pernah kita lihat dalam keluarga (famili) serangga mana pun," kata Morris dikutip dari IFLScience.

Lady Gaga. (Instagram/ ladygaga)

K. gaga adalah salah satu dari 1.000 spesimen yang dipinjam Morris dan rekan penulis studi Christopher Dietrich untuk penelitian tentang evolusi dan pemahaman mengenai famili Membracidae.

Spesimen berusia 30 tahun itu ditemukan di hutan tropis dekat Pantai Pasifik Nikaragua, sebuah negara di Amerika Tengah.

Hewan tersebut mempunyai ciri-ciri morfologi yang unik seperti kepala, bentuk tubuh, rambut, dan bahkan genitalnya.

"Jika ada serangga 'Lady Gaga' itu akan menjadi wereng K.gaga karena mereka punya tanduk yang gila. Mereka memiliki 'selera mode' yang aneh di mana kami belum pernah melihatnya," tambah Morris.

Kaikaia gaga mempunyai bentuk yang unik. (Illionis University/ Morris)

Penamaan spesies baru mirip tokoh publik terkenal bukanlah hal baru bagi sains.

Aktivis iklim Greta Thunberg baru-baru ini menjadi inspirasi bagi spesies baru siput (Craspedotropis gretathunbergae) dan kumbang dengan antena seperti kepang (Nelloptodes gretae).

Spesies baru serangga dengan nama Kaiakaia gaga tersebut mungkin juga dianggap sebagai ikon model di antara para serangga karena bentuk uniknya mirip Lady Gaga.