Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 22 Maret 2020 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kelelawar vampir ternyata bisa berbagi darah yang didapatkannya. Uniknya, cara mereka berbagi darah ini dalam membangung persahatan antara mereka.

Bagaimana Kelelawar vampir berbagi darah ini, memakai mekanisme yang mirip ciuman ala French Kiss. Dengan cara itu mereka membangung persahabatan antar Kelelawar vampir.

Cara Kelelawar vampir dalam berbagi darah dengan ciuman ini diungkap dalam hasil penelitian yang diwartakan BBC, Jumat (20/3/2020).

Para ilmuwan dalam studi itu menjelaskan bahwa kelelawar berbagi darah lewat mulut dengan sesamanya sebagai bagian dari upaya untuk membangun ikatan.

Dalam studi yang terbit di jurnal Current Biology itu dijelaskan jika seekor kelelawar vampir tidak makan selama tiga hari, maka ia akan mati kelaparan.

Kelelawar vampir. (Wikipedia/ Acatenazzi)

Tetapi kelelawar lain di dekatnya, meski berasal dari koloni berbeda, akan mulai mendekat, melakukan ritual menjilat mulut, sebelum akhirnya berbagi darah via mulut.

Studi pada kelelawar vampir itu sendiri bertujuan untuk meneliti bagaimana binatang membangun hubungan satu sama lain.

"Berawal dari saling tak kenal, karena dari koloni berbeda, kemudian menjadi anggota kelompok, dan ini dilakukan untuk menyelamatkan nyawa kelelawar lain," kata Gerald Carter, ilmuwan asal Ohio State University, AS, yang memimpin studi itu.

"Berbagi makanan pada kelelawar vampir sama seperti ketika induk burung menyuap anaknya. Bedanya, pada kelelawar ini dilakukan antara dua individu dewasa," imbuh Carter.

Ilustrasi kelelawar vampir. (Shutterstock)

Kelelawar vampir adalah adalah satu-satunya mamalia yang hanya mengonsumsi darah. Biasanya mereka mengisap darah binatang lain, seperti sapi atau lembu.

Mamalia terbang ini bisa meminum darah setara dengan setengah bobot mereka per hari, berbeda dari kelelawar buah yang mengonsumsi buah, nektar, dan serangga.

Itulah cara kelelawar vampir berbagi darah satu sama lain lewat cara ciuman seperti dalam hasil penelitan di atas. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Baru di Buff, Oura Kagum Lihat Hero Fighter yang Punya Damage Sakit dan Darah Tebal Ini