Jum'at, 23 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 26 Maret 2020 | 08:06 WIB

Hitekno.com - Momen langka berhasil dipotret seorang fotografer saat penampakan wajah bulan yang seolah terbelah di langit Guatemala. 

Francisco Sojuel, sang fotografer penangkap gambar Bulan terbelah, mengambil foto menarik tersebut pada waktu malam hari di langit Guatemala.

Dalam foto tersebut, satelit alami Bumi itu seakan teriris dan terlihat seolah-olah diapit oleh gunung berapi Pacaya. Saking istimewanya foto ini, NASA pun memasukkannya ke dalam Astronomy Picture of the Day.

Penampakan Bulan terbelah. [NASA]

Dilansir laman NASA, Kamis (26/3/2020), foto ini sangat spesial karena bisa menampilkan wajah Bulan dari perspektif yang berbeda. Bahkan sepintas, garis yang melintang di foto tersebut menyerupai planet bercincin, yakni Saturnus.

Ilustrasi Saturnus. [Shutterstock]

Badan antariksa Amerika Serikat itu juga menjelaskan, fenomena langka itu terjadi karena satelit alami Bumi itu berada pada fase Bulan sabit kecil, sehingga sebagian besar permukaannya terlihat oleh cahaya Bumi.

Lebih jauh lagi, cahaya yang dipantulkan inilah yang dikenal sebagai cahaya pucat. Oleh karena itu, Bulan seakan terbelah menjadi dua bagian. Foto berjudul "A Moon Dressed Like Saturn" itu sendiri diambil pada 24 Desember tahun lalu.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Demi Foto Sebagus Ini, Fotografer Harus Ikhlas iPhone X Miliknya Hancur