Rabu, 27 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 27 Maret 2020 | 14:43 WIB

Hitekno.com - Budiman Sudjatmiko, politisi PDI Perjuangan membagikan sebuah laporan hasil penelitian ilmuwan terkait dengan virus corona.

Lewat akun Twitter @budimandjatmiko, Budiman Sudjatmiko menyebutkan kalau sudah ada peringatan ilmuwan terkait virus corona sejak 2007 silan.

Dalam gambar yang diunggahnya pula, politisi ini melingkari tahun 2007 pada laporan tersebut sebagai tanggal review hasil penelitian ini.

"Sebuah dunia yg mengabaikan peringatan saintis (ilmuwan) sejak 2007 ttg #coronavirus (dan mendengarkan terlalu banyak penghasut) adalah dunia yg membawa kita ke hari ini," tulisnya di Twitter (27/3/2020).

Tak cukup itu, Budiman Sudjatmiko juga membagikan cuitan lagi lengkap dengan link jurnal hasil penelitian ilmuwan terkait virus corona.

Budiman Sudjatmiko sebut sudah ada peringatan ilmuwan soal virus corona sejak 2007. (Twitter/ budimandjatmiko)

Bahkan dalam cuitannya, ia menyebutkan sudah ada peringatan virus corona sejak 2005 silam. Ini tertuang dalam jurnal yang dibagikannya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyayangkan dunia mengabaikan peringatan ilmuwan berdasarkan ilmu pengetahuan.

"Tuips yg mau membaca secara lebih utuh tulisan ttg peringatan coronavirus sejak 2005, sila unduh ya ! Sampai brp lama lagi dunia mengabaikan peringatan berdasar ilmu pengetahuan & lebih asyik mendengarkan delusi serta demagogi?" tulisnya di Twitter.

Budiman Sudjatmiko sebut sudah ada peringatan ilmuwan soal virus corona sejak 2007. (Twitter/ budimandjatmiko)

"Severe acute respiratory syndrome coronavirus-like virus in Chinese horseshoe bats" judul jurnal tersebut.

Untuk bisa mengakses jurnal hasil penelitian ilmuwna tentang virus corona ini, bisa di cek di link berikut ini https://www.pnas.org/content/pnas/102/39/14040.full.pdf

Cuitan Budiman Sudjatmiko soal peringatan ilmuwan mengenai virus corona ini juga mendapatkan banyak tanggapan netizen.

"Tapi om, coronavirus itu keluarga virus kan ya? dan virus yang menyebabkan pandemi covid-19 sekarang ini blm bisa dibilang sama dgn virus yg dibahas di riset tsb. iya, kelelawar itu carrier coronavirus, tapi blm ada bukti kalau tipe virus covid-19 dari kelelawar. mohon koreksinya" komentar netizen.

"Intinya, bom waktu itu sekarang meledak.. tempat yg sama.. virus yg skrg adalah SARS CoV-2 yang mana coronavirus juga.. sisanya simpulkan sendiri.. dan pernah diperingatkan tentang bom waktu ini pada tahun 2007..," balas netizen lainnya.

Itulah cuitan Budiman Sudjatmiko yang menyebutkan adanya peringatan ilmuwan tentang virus corona sejak 2007 bahkan ada sejak 2005.