Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 Maret 2020 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Abbott Laboratories, perusahaan kesehatan asal Amerika Serikat mengklaim memenangkan izin pemasaran tes diagnosis untuk virus corona. Menariknya, perusahaan ini mengklaim bisa tes virus corona dalam waktu singkat.

Nantinya tes virus corona itu bisa memberikan hasil kepada pasien dalam beberapa menit dan digunakan di  dokter dan klinik perawatan darurat, serta rumah sakit.

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (28/3/2020),  Amerika Serikat kini memiliki lebih banyak kasus virus Corona Covid-19 daripada negara lain.

Saat ini rumah sakit di sana juga telah berjuang memenuhi permintaan untuk menguji ribuan orang untuk virus yang seringkali mematikan ini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sendiri telah memberikan persetujuan tersebut di bawah Emergency Use Authorization.

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Dalam sebuah pernyataan, Abbott Laboratories mengatakan berencana untuk mulai mendistribusikan tes minggu depan. Mereka juga berencana untuk meningkatkan produksi hingga 50.000 tes per hari.

"Ini adalah lompatan ke depan yang signifikan. Anda bisa mendapatkan hasil positif dalam lima menit dan hasil negatif dalam 13 menit. Anda bisa masuk ke klinik dan mendapatkan hasil saat Anda berada di sana," kata Wakil presiden penelitian dan pengembangan di Abbott Laboratories, John Frels.

Ini merupakan tes kedua yang disetujui oleh FDA dan dapat digunakan langsung di klinik dan fasilitas kesehatan masyarakat serta bisa dengan segera memberikan hasil kepada pasien.

Pekan lalu, FDA menyetujui tes virus corona yang dibuat oleh Cepheid yang dapat digunakan pada titik perawatan.

"Pandemi COVID-19 akan diperjuangkan di berbagai bidang, dan tes molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," kata presiden dan chief operating officer di Abbott, Robert Ford, dalam sebuah pernyataan.

Itulah klaim perusahaan AS yang bisa melakukan tes virus corona dalam waktu singkat, bahkan dalam 5 menit saja. (Suara.com/ Bimo Aria Fundrika).

BACA SELANJUTNYA

Sharp Kenalkan Teknologi Plasmacluster, Diklaim Bisa Bantu Bunuh Virus