Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 31 Maret 2020 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Bagi kamu yang bosan di rumah dan ingin menambah pengetahuan soal penguin, kamu bisa bergabung dengan proyek ilmuwan satu ini. Tak perlu membayar, kamu hanya perlu koneksi internet dan kemauan bergabung menjadi citizen scientists atau ilmuwan-warga.

Melalui situs resmi yang dapat diakses situs Zooniverse.org, kamu bisa memilih untuk bergabung di proyek Penguin Watch.

Di tengah pandemi global virus corona yang membuat sebagian warga dunia harus melakukan karantina rumah dan menjaga jarak, ilmuwan bernama Heather Lynch mengajak orang-orang bergabung di Penguin Watch.

Heather Lynch merupakan seorang ahli statistik ekologi Stony Brook University di New York.

"Meskipun penguin adalah makhluk kharismatik dan satwa liar yang memang secara jelas bisa disurvei di Antartika, sampai saat ini, pengetahuan kita masih relatif sedikit terutama mengenai jumlah mereka di sana dan pendistribusiannya. Itulah mengapa survei di Antartika sangat sulit. Melalui proyek Penguin Watch, saya pikir kita dapat memanfaatkan antusiasme orang-orang lewat komputer ketika kita semua terjebak di dalam rumah," kata Heather Lynch kepada Space.com.

Proyek Penguin Watch bisa membuat kita menjadi ilmuwan warga yang berkontribusi mengamati penguin. (Zooniverse.org)

Meski sulit, di situlah satelit bisa berguna bagi para ilmuwan dan relawan.

Lynch dan rekan-rekannya menggunakan data yang dikumpulkan oleh beberapa jenis sistem orbital.

Program Landsat NASA menawarkan perspektif 40 tahun tentang aktivitas penguin dan Google Earth menarik data satelit yang dapat diakses publik.

Gambar penguin yang diamati melalui proyek Penguin Watch. (Zooniverse.org)

Dikutip dari Futurism, proyek Penguin Watch meminta orang untuk mengidentifikasi penguin-penguin di dalam foto yang diambil secara otomatis di dekat koloni mereka.

Tetapi yang lain juga bergantung pada citra satelit untuk mengidentifikasi koloni tersebut.

Untuk level ilmuwan sendiri, mereka biasanya akan menemukan penguin dengan menyisir gambar satelit untuk mencari petak kotoran penguin, yang oleh para ilmuwan disebut sebagai "guano".

Penguin Watch telah memliliki lebih dari 9 ribu relawan. (Zooniverse.org)

Jika kamu merasa jijik dengan "guano" kamu tak perlu repot-repot mencarinya karena kamu masih bisa mencari data-data lain mengenai lucunya penguin Antartika di proyek Penguin Watch.

Proyek ini sendiri sudah menjaring sekitar lebih dari 9.200 relawan untuk mengamati dan melakukan survei penguin Antartika.

Selain menambah pengetahuan, proyek Penguin Watch bisa mengusir kebosananmu saat melakukan karantina rumah.