Jum'at, 30 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 10 April 2020 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Tak banyak yang tahu, ternyata di laut menyimpan banyak hewan misterius dengan bentuk aneh. Sebuah ekspedisi dari tim ilmuwan ini berhasil merekam hewan unik yang berbentuk spiral mirip UFO.

Organisasi penelitian Schmidt Ocean Institute melakukan ekspedisi di mana mereka meneliti kehidupan organisme pada sekitar 2.000 kaki atau 609 meter di bawah laut.

Mereka menemukan organisme laut yang membentang dengan bentuk sangat unik.

Dalam thread yang dijelaskan oleh Schmidt Ocean Institute (@SchmidtOcean), mereka membagikan video tentang siphonophore yang mengesankan.

Itu adalah sebuah organisme gabungan dalam filum Cnidaria (pengelompokan yang mencakup ubur-ubur dan anemon laut).

Siphonophore dari jarak dekat. (Instagram/ schmidtocean)

 

Para ilmuwan mengamatinya sebagai bagian dari ekspedisi yang sedang berlangsung ke Ningaloo Canyons di lepas pantai barat Australia.

Bukan obat nyamuk atau UFO yang sebenarnya, itu adalah sekumpulan organisme laut yang benar-benar hidup dan mereka "bersatu" untuk mencari makan.

Dikutip dari Gizmodo, meskipun satu entitas, siphonophore sebenarnya adalah koloni besar yang terdiri dari organisme individu di mana mereka bekerja bersama untuk melakukan berbagai tugas yang diperlukan agar dapat bertahan hidup.

Rebecca Helm, seorang profesor di University of North Carolina, menjelaskan bahwa kumpulan organisme tersebut bertanggung jawab untuk berburu mangsa.

Organisme telah membentuk spiral "raksasa" dari tentakel yang menyengat untuk membunuh dan memakan mangsa serta mendistribusikan nutrisi sepanjang spiral.

Menggunakan pengamatan dari ROV (Remotely Operated underwater Vehicle) atau robot bawah laut, peneliti memperkirakan bahwa usia spesimen bisa mencapai puluhan hingga ratusan tahun.

Jika ingin mengikuti ekspedisi ilmuwan dalam menemukan hewan misterius bawah laut lainnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi Schmidt Ocean Institute.

Diameter terluar cincin spiral ini sepanjang 15 meter sehingga bisa dibayangkan betapa besarnya makhluk spiral yang sedang mencari makan tersebut.

"Tampaknya spesimen ini adalah spesimen terbesar yang pernah direkam, dan postur makan mereka seperti UFO yang aneh," tulis keterangan dari Schmidt Ocean Institute.

Siphonophore termasuk predator karnivora, di mana mereka suka memburu krustasea dan ikan kecil di sekitar mereka.

Rekaman video mengenai hewan unik dengan bentuk spiral mirip UFO ini sangat berguna bagi kita, khususnya untuk menambah wawasan betapa banyak spesies hewan unik yang belum kita kenal.

BACA SELANJUTNYA

Dijuluki "Tupai Vampir", Hewan Ini Punya Kebiasaan Makan Unik