Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 11 April 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Indonesia dibuat terkejut dengan teror suara dentuman misterius yang terjadi pada Sabtu dini hari (10/4/2020). Dikonfirmasi bahwa dentuman misterius tersebut tidak terkait dengan letusan Gunung Anak Krakatau, apakah dentuman misterius ini terkait skyquake?

Science mencatat bahwa fenomena dentuman misterius dari langit tidak hanya terjadi di Indonesia, beberapa negara juga pernah mengalami hal serupa. Fenomena ini lalu disebut sebagai skyquake atau gempa langit.

Perlu diketahui bahwa belum ada penjelasan ilmiah apapun mengenai gempa langit ini. Pasalnya, ilmuwan tidak mengetahui dengan pasti asal muasal suara tersebut. Namun, informasi mengenai fenomena ini merujuk pada suara dentuman keras di langit.

Mengutip ThoughtCo.com, Anne Marie Helmenstine, Ph.D menyebutkan bahwa ada beberapa kemungkinan mengenai kemunculan skyquake atau gempa langit.

Menurutnya, gempa langit bisa saja terjadi karena dentuman sonik yang berasal dari meteor atau pesawat militer. Selain itu, skyquake juga bisa disebabkan oleh gempa bumi dan erupsi gunung berapi.

Ilustrasi langit. (Pixabay)

Gempa langit juga dapat timbul karena ejeksi massa koronal atau coronal mass ejections (CME) yang merupakan badai radiasi Matahari yang mampu menimbulkan proton hingga 40 persen dalam kecepatan cahaya.

Pendapat lain menyebutkan bahwa gempa langit atau skyquake juga dapat terjadi karena medan magnetik Bumi yang kemudian menghasilkan suara dengan akselerasi partikel dan resonansi.

Yang pasti, menurut Anne Marie Helmenstine, gempa langit terjadi bukan karena pemanasan global, pergeseran lempeng tektonik, atau bahkan lubang di lapisan ozon.

Ilustrasi petir. (unsplash/Alex Dukhanov)

Melansir dari Mentalfloss.com, walaupun tidak ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, fenomena gempa langit atau skyquake rupanya memiliki namanya masing-masing di tiap-tiap negara.

Di Jepang, skyquake disebut sebagai Uminari yang berarti suara gaduh dari laut, di Belanda, skyquake disebut Mistpoeffers, sedangkan di Amerika Serikat disebut sebagai Seneca Guns.

Dikaitkan dengan suara dentuman misterius yang didengar oleh warga wilayah Jabodetabek, hingga kini tidak diketahui dengan pasti apakah fenomena ini terkait dengan gempa langit atau skyquake.

BACA SELANJUTNYA

Menurut BMKG, Ini Sumber Suara Dentuman Misterius di Jakarta