Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 20 April 2020 | 09:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jessica Meir, Andrew Morgan dan Oleg Skripochka pada Jumat (17/4/2020) resmi kembali ke Bumi usai 200 hari berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kembali ke Bumi di tengah wabah virus corona, tiga astronot ini dibuat kaget dengan kondisi Bumi.

Mengutip Nasa.gov, pesawat yang membawa ketiga astronot ini diketahui sukses mendarat kembali ke Bumi di padang rumput Kazakhstan dekat Kota Jezkazgan pada pukul 11.16 waktu setempat.

Momen pendaratan Jessica Meir, Andrew Morgan dan Oleg Skripochka disiarkan secara live melalui situs Russian Space Agency (ROSCOSMOS).

Sebelum mendarat di Bumi, ketiga astronot ini menjalani pemeriksaan kesehatan. Menurut ROSCOSMOS, Jessica Meir, Andrew Morgan dan Oleg Skripochka berada dalam kondisi yang sehat.

Melansir dari CNN, Jessica Meir sebelum akhirnya mendarat, mengunggah potret danau Balkhash di Kazakhstan. Dirinya mengaku tidak sabar untuk cepat kembali ke Bumi. Terlebih lokasi danau tersebut tidak jauh dari lokasi pendaratan.

Astronot pesawat Soyuz MS-15 berhasil mendarat. (NASA)

Mengikuti berita perkembangan virus corona di Bumi, ketiga astronot ini tidak menyangka dan kaget dengan kondisi Bumi saat akhirnya mendarat.

Andrew Morgan yang berprofesi sebagai dokter mengaku tidak dapat membayangkan bagaimana rasanya berada di barisan depan dan bekerja di rumah sakit di tengah masa pandemi ini.

''Saya sangat bangga berprofesi ini. Namun, pada saat bersamaan, saya merasa bersalah karena harus terpisah dengan mereka (para dokter) di saat seperti ini,'' ucap Andrew Morgan dalam konferensi pers.

Pendaratan tiga astronot dari ISS pada Jumat (17/4/2020). (NASA/GCTC/Andrey Shelepin)

ISS ditempatkan di orbit Bumi yang rendah dan berfungsi sebagai laboratorium penelitian gayaberat mikro dan gravitasi ruang bagi para ilmuwan untuk melakukan eksperimen di berbagai bidang.

Seperti yang diketahui Jessica Meir, Andrew Morgan, dan Oleg Skripochka bertugas di ISS selama 200 hari. Ketiganya berangkat sebelum virus corona semakin mewabah.

BACA SELANJUTNYA

Di Bumi Kisruh di Angkasa Bukan Musuh, Begini Kisah Kompaknya Astronot Amerika dan Rusia di Antariksa