Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 24 April 2020 | 03:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Spesies baru ular green pit viper ditemukan oleh ilmuwan selama penelitian di bagian timur pegunungan Himalaya. Mempunyai warna yang cukup eksotis, spesies ular baru ini diberi nama mirip karakter Harry Potter.

Setelah melakukan ekspedisi di India dalam waktu yang cukup lama, ilmuwan akhirnya menemukan spesies ular baru yang diberi nama mirip Salazar Slytherin.

Sebagai referensi, Salazar Slytherin merupakan salah satu pendiri Hogwarts yang mampu berbicara dengan ular melalui Parseltongue.

Diberi nama Trimeresurus Salazar, ular ini ditemukan pada sekitar pegunungan Himalaya di ketinggian 170 meter.

Penemuan dan penelitian Trimeresurus Salazar telah diterbitkan di jurnal Zoosystematics and Evolution, yang dapat diakses secara publik.

Trimeresurus salazar saat bertengger di pohon. (Jurnal/ Zoosystematics and Evolution)

Pada perilisan resmi dari National Centre for Biological Science of Bangalore, kita bisa melihat warna eksotis dari Trimeresurus Salazar.

Dengan badan berwarna hijau yang diikuti oleh warna oranye serta garis kemerahan yang membentang di bagian mata ke bagian belakang kepala membuat spesies ini berbeda dari ular berbisa hijau (green pit viper) lain.

Ular tersebut masuk dalam genus Trimeresurus. Di Indonesia, terdapat spesies ular yang masuk genus ini yaitu Trimeresurus albolabris, atau dikenal sebagai ular bangkai laut, ular gadung luwuk (Jawa) serta ular sanggit (NTB).

Trimeresurus salazar saat bertengger di pohon. (Press Release Zoosystematics and Evolution, Credit to Aamod Zambre and Chintan Seth, Eaglenest Biodiversity Project)

Selama ekspedisi di dekat Pakke Tiger Reserve di India, para peneliti menemukan dua spesimen yang menarik perhatian dan terlihat memiliki warna beda dengan green pit viper lainnya.

Dikutip dari IFLScience, green pit viper banyak ditemukan di Asia Tenggara di mana mereka tersebar setidaknya menjadi 48 spesies.

Dr. Zeeshan A. Mirza, peneliti dari National Centre for Biological Science of Bangalore menyebutkan Trimeresurus sebagai ular yang "karismatik" dan "berbisa".

Mengingat sifat "morfologis samar" mereka, para peneliti menambahkan bahwa keragaman genus yang sebenarnya mungkin diremehkan dan memerlukan studi lebih lanjut untuk menentukan keberadaan spesies sepenuhnya.

Trimeresurus salazar. (Jurnal Zoosystematics and Evolution)

"Survei berdedikasi di masa depan yang dilakukan di timur laut India akan membantu mendokumentasikan keanekaragaman hayati, yang berada di bawah ancaman dari berbagai kegiatan pembangunan yang mencakup pelebaran jalan, pertanian, dan proyek pembangkit listrik tenaga air," kata Dr. Zeeshan A. Mirza.

Ini bukan pertama kalinya spesies hewan dinamai dengan karakter Harry Potter.

Sebelumnya, peneliti pernah memberi nama serangga di Selandia Baru dengan nama Lucius Malfoy, spesies tawon di Thailand dengan nama Ampulex dementor, bahkan seekor laba-laba yang diberi nama Eriovixia Gryffindori.

Spesies baru ular yang dinamai Trimeresurus Salazar cukup menarik mengingat orang awam mungkin bisa lebih tertarik untuk menghafal namanya.

BACA SELANJUTNYA

Cuma Buat Konten, Gilang Barbie Nekat Dikubur Hidup-hidup dengan Ular