Selasa, 27 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 28 April 2020 | 19:33 WIB

Hitekno.com - Beberapa pilot Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan kapal USS Nimitz dilaporkan menghadapi UFO berbentuk Tic-Tac yang melesat di Samudera Pasifik pada November 2004 lalu. Petinggi Angkatan Laut AS menyebut pesawat aneh itu sebagai "fenomena udara tak dikenal" dan masih bungkam tentang apa yang terjadi sebenarnya.

Menurut seorang juru bicara dari Office of Naval Intelligence (ONI) mengonfirmasi bahwa badan tersebut memiliki beberapa dokumen rahasia dan setidaknya satu video rahasia mengenai pertemuan UFO yang terjadi pada tahun 2004.

ONI juga mengakui memiliki setidaknya satu video yang diklasifikasikan sebagai "rahasia" oleh Naval Air Systems Command (NAVAIR). ONI tidak menjelaskan apakah rekaman ini adalah video berdurasi satu menit yang sempat bocor secara online, pada 2007 dan dirilis secara luas oleh New York Times pada 2017.

Terbaru, Pentagon secara resmi merilis tiga video pada Senin (27/4/2020) yang menunjukkan pilot berinteraksi dengan UFO. Rekaman tersebut dipublikasikan setelah melewati penyelidikan apakah video tersebut mengandung materi sensitif.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan bahwa tiga video tersebut tidak "melanggar investigasi berikutnya dari jenis pesawat ruang angkasa militer".

Ketiga video terpisah itu merujuk pada "fenomena udara tak dikenal", di mana satu video dari November 2004 dan dua video dari Januari 2015.

"Angkatan Laut AS sebelumnya mengakui bahwa video yang beredar di domain publik itu memang video Angkatan Laut. Departemen Pertahanan merilis video untuk meluruskan kesalahpahaman publik mengenai apakah remakan yang beredar itu nyata atau tidak," ucap juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat, seperti dikutip laman The Sun, Selasa (28/4/2020).

Beberapa cuplikan video UFO itu dirilis pada 2017, tetapi Pentagon kini telah merilis video secara lengkap.

Ilustrasi UFO yang terlihat di radar pesawat jet tempur. (YouTube/ History)

 

Insiden yang tidak dapat dijelaskan tersebut terjadi selama latihan kelompok di Samudera Pasifik, di lepas pantai Meksiko, dengan total enam pilot yang melihat pemandangan aneh itu.

Para pilot menggambarkan objek berbentuk Tic-Tac dengan panjang sekitar 40 kaki dan melayang sekitar 50 meter di atas air.

Setelah sempat dirilis secara luas oleh New York Times, Pentagon mengakui adanya Advanced Aerospace Threat Identification Program (AATIP) yang berfokus pada penelitian UFO. Namun program tersebut diberhentikan pada 2012. Ini merupakan pertama kalinya Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendeklasifikasi rekaman tersebut.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Bersiap Ketemu UFO, Jepang Siapkan Protokol Baru