Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 17 Mei 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Potret menakjubkan Bumi jika dilihat dari Merkurius baru-baru ini dibagikan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA). Terungkapnya potret ini langsung saja membuat takjub siapa pun yang melihatnya.

Diketahui potret menakjubkan Bumi saat dilihat dari Merkurius ini diambil oleh wahana antariksa BepiColombo. Kala itu, BepiColombo diketahui berada dekat Merkurius.

Mengutip Space.com, BepiColombo diketahui terbang menuju planet terdekat dari Matahari ini untuk melakukan penelitiannya pada Oktober 2018 lalu.

Berada dalam jarak yang sangat jauh dari Bumi, BepiColombo memanfaatkan kesempatan untuk memotret Bumi yang seolah sedang memata-matai aksinya di luar angkasa.

Cukup membuat takjub, Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia nampak begitu kecil di seluruh galaksi yang gelap dan pekat.

BepiColombo dalam ''fase gerhana'' yang merekam pemandangan dekat Bumi. (Twitter/ esaoperations)

Bumi tempat manusia hidup awalnya nampak mirip Bulan sabit hingga kemudian menjadi titik kecil yang perlahan terus memudar seiring menjauhnya BepiColombo dari titik awal keberangkatan.

Para ilmuwan menyebut bahwa potret Bumi dari Merkurius ini seolah mengisyarakatkan bahwa planet ini menyampaikan selamat jalan pada BepiColombo yang akan melakukan misi besarnya.

Sedangkan BepiColombo sendiri pertama kali meluncur pada Oktober 2018 lalu. Proyek BepiColombo ini merupakan misi antara Badan Antariksa Eropa, ESA dan Badan Antariksa Jepang, JAXA.

Potret Bumi dari Merkurius. (ESA)

BepiColombo sendiri terdiri dari dua pesawat ruang angkasa yang memiliki misi untuk memberikan jawaban bagi ilmuwan mengenai komposisi, lingkungan, dan medan magnet Merkurius.

Seperti yang diketahui, karena Merkurius berada sangat dekat dengan Matahari, sulit menemukan informasi mengenai planet satu ini. Misi ini diharapkan dapat memberi kabar baik nantinya.

Menurut rencana, BepiColombo akan tiba di Merkurius pada 2025 mendatang. Kamu dibuat terpukau dengan potret Bumi dari Merkurius ini tidak?

BACA SELANJUTNYA

Info Gempa Bumi Terkini, Malam Ini, Magnitudo 6,1, Lokasi Barat Daya Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami