Jum'at, 25 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 01 Juni 2020 | 19:15 WIB

Hitekno.com - Ilmuwan dibuat kaget karena mereka menemukan gurita "Dumbo" yang terlihat berenang di sekitar dasar laut Samudra Hindia. Hewan ini ditemukan tepat di Palung Jawa, Samudra Hindia Timur, sebelah selatan Indonesia.

Cukup mengejutkan, gurita Dumbo ditemukan berenang hampir 7.000 meter (22.965 kaki) di bawah permukaan air.

Penelitian dan penemuan gurita Dumbo yang mampu hidup di wilayah laut dalam dengan kegelapan paling pekat ini telah diterbitkan di jurnal Marine Biology.

Ahli biologi kelautan dari Universitas Newcastle di Inggris menangkap rekaman menakjubkan ini menggunakan kamera umpan otonom yang diturunkan ke Palung Jawa pada April 2019.

Setelah diterbitkan di jurnal terbuka Marine Biology, kita bisa mengetahui pemandangan menarik mengenai gurita laut dalam.

Tempat penemuan gurita laut dalam yang bisa hidup pada kedalaman hampir 7.000 meter. (Jurnal Marine Biology)

Dumbo octopus (Grimpoteuthis), yang dijuluki gajah bertelinga besar dari film Disney 1941, adalah genus cephalopoda yang terdiri dari lebih dari selusin spesies.

Para ilmuwan tidak yakin mengenai identitas spesies itu, tetapi mereka memiliki kecurigaan yang kuat bahwa mungkin gurita tersebut adalah spesies baru yang tidak pernah didokumentasikan sebelumnya.

Penelitian juga membuktikan ini adalah genus pertama yang ditemukan pada kedalaman hadal (hadal depth), wilayah hitam pekat melebihi 6.000 meter, yang hanya dapat ditemukan di parit samudera.

Tim peneliti pertama kali melihat gurita Dumbo pada kedalaman 5.760 meter yang secara otomatis memegang rekor untuk pengamatan cephalopoda terdalam.

Tetapi beberapa hari kemudian, mereka melihat satu lagi gurita Dumbo pada kedalaman 6.957, sehingga itu menjadikan gurita Dumbo tersebut sebagai cephalopoda dengan kemampuan berenang terdalam yang pernah terekam ilmuwan.

Penampakan gurita laut dalam yang bisa hidup pada kedalaman hampir 7.000 meter. (Jurnal Marine Biology)

"Itu adalah kejutan besar, kamu tidak pernah berharap untuk melihat gurita Dumbo pada kedalaman itu," kata Dr Alan Jamieson, penulis utama studi dan dosen senior Marine Ecology di Universitas Newcastle kepada IFLScience.

Peneliti mengakui bahwa mereka telah menyebar lebih dari 400 lander di laut dalam.

Saat itu mereka tidak pernah berpikir bahwa chepalopoda akan bisa berenang melebihi 5.000 meter.

Sebelum penemuan di atas, bukti fotografi chepalopoda di situs terdalam ada pada 5.145 meter di bawah permukaan laut.

Saat itu chepalopoda terekam pada tahun 1971 di lepas Pantai Barbados, Karibia.

Gurita Dumbo yang mampu hidup pada kedalaman hampir 7.000 meter sangat menarik untuk diteliti kembali mengingat kita bisa tahu kemampuan berenang terbaik dari gurita yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.