Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 04 Juni 2020 | 06:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

3. Sinyal radio misterius

Sejak 2007, para ilmuwan menerima sinyal radio ultrastrong dan ultrabright yang hanya berlangsung beberapa milidetik. Kilatan misterius ini disebut fast radio burst (FRBs) dan tampaknya beradal dari miliaran tahun cahaya.

Fast radio burst (FRBs). [Wikipedia]

Pada awal 2019, para ilmuwan berhasil menangkap kembali FRB berulang, yang melintas enam kali berturut-turut, sinyal kedua yang pernah terlihat dan dapat membantu mengungkap misteri ini.

4. Planet kerdil bercincin

Planet kerdil Haumea yang mengorbit di Sabuk Kuiper di luar Neptunus memiliki bentuk memanjang yang aneh. Planet ini memiliki dua bulan dan satu hari yang hanya berlangsung selama 4 jam.

Sabuk Kuiper. [NASA]

Pada 2017, Haumea semakin aneh ketika para astronom menemukan cincin tipis yang mengitarinya. Cincin itu kemungkinan akibat tabrakan di masa lalu.

5. Galaksi tanpa materi gelap

Materi gelap merupakan zat tak dikenal yang terdiri dari 85 persen dari semua materi di alam semesta. Para ilmuwan yakin bahwa materi gelap ada di mana-mana di seluruh alam semesta.

Namun, para ilmuwan dibuat bingung ketika menemukan sebuah galaksi aneh pada Maret 2018 yang hampir tidak mengandung materi gelap.

Galaksi aneh, NGC 1052-DF2

Galaksi yang ditemukan oleh teleskop Hubble itu kemudian disebut sebagai NGC 1052-DF2 yang berjarak sekitar 42 juta tahun cahaya dari Bumi. Pengamatan itu telah dilaporkan pada 14 Maret 2019 dalam jurnal Monthly Notices dari Royal Astronomical Society.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

NASA Sukses Hantam Asteroid Pakai Pesawat Luar Angkasa, Misi Pertahanan Bumi Perdana Lancar