Senin, 06 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 05 Juni 2020 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Salah satu bagian tubuh dari manusia yang cukup punya peran penting adalah kulit. Semakin mengenal kulit secara menyeluruh, berikut beberapa potret kulit sebenarnya yang dilihat dari mikroskop.

Kulit pada dasarnya cukup penting untuk dirawat mengingat kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang melindungi dari luar. Menjaganya tetap lembab dan terawat tentu sudah merupakan kewajiban masing-masing orang.

Selain enak dipandang, kulit yang sehat juga menunjukkan kondisi tubuh yang fit. Walaupun dari luar terlihat baik-baik saja, rupanya kulit tidak seindah kelihatannya.

Pemandangan kondisi kulit sebenarnya saat dilihat dari mikroskop berikut ini mungkin bisa membuatmu menyadari sepenuhnya mengenai bagian tubuh satu ini.

Mengutip Cell.com, foto permukaan kulit manusia yang diambil oleh Tom Deerinck ini memperlihatkan kondisi kulit tangan yang ditempeli oleh selotip yang dicabut dengan paksa atau cepat.

Diambil dengan menggunakan teknik scanning elektron micrograph, penampakan permukaan kulit ini pada dasarnya tidak memiliki pembuluh darah hingga nutrisi yang masuk melalui kapiler di dermis.

Untuk fenomena ini, setelah kurang lebih 27 hari, keratinosit yang mati akan segera terganti usai naik ke permukaan kulit yang kemudian membuat kulit mengelupas.

Kulit dilihat dengan mikroskop. (Cell.com)

Karya lain dari Tom Deerinck memperlihatkan sel epitel pada kulit yang dicitrakan oleh mikroskop multiphoton. Untuk kulit, sel-sel ini berbentuk poligon yang lalu membuatnya disebut sebagai epitel skuamosa.

Kulit dilihat dengan mikroskop. (Cell.com)

Tepat di bawah kulit, dari potret karya Magdlena N. O, Stephen Geyer, dan W, J. Weningner dari Medical University of Vienna ini memperlihatkan wujud pembuluh darah dan syaraf.

Garis merah pada gambar ini menujukan adanya arteri, sedangkan warna biru merujuk pada vena, serta kuning menunjukkan syaraf. Potret ini diambil dengan menggunakan teknik HREM.

Kulit dilihat dengan mikroskop. (Cell.com)

Kulit sebenarnya memiliki banyak sel yang terkandung tepat di bawahnya. Hal ini yang lalu membuat penting untuk menjaga kulit sebagai bentuk pertahanan tubuh dari luar. Potret kulit yang dilihat dari mikroskop ini bisa membuatmu semakin mengenal kulit ya.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Goyangan Tubuh Lesti Kejora saat Main Voli, Netizen Malah Ketar-ketir