Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 06 Juli 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Planet Mars masih menyimpan banyak misteri, karena itu menarik perhatian banyak ilmuwan. Banyak penelitian dan penjelajahan yang dilakukan tentang planet merah ini.

Salah satu penemuan baru yang mendapati bagaimana penampakan salah satu kawah dari Mars. Nampak putih seperti kawah marshmallow raksasa.

Badan Antariksa Eropa (ESA) membagikan video baru yang membuat siapapun merasa sedang berkeliling di atas salah satu kawah di Mars, Kawah Korolev, sebuah kawah putih berisi es.

Gambar diambil oleh High-Resolution Stereo Camera (HRSC) di atas Mars Express Orbiter ESA, telah disatukan dan digabungkan dengan informasi topografi untuk menghasilkan lanskap 3D dari kawah.

Ilusi flyover kemudian dibuat dengan merekam pemandangan kawah dari berbagai perspektif sehingga orang yang menonton video tersebut akan merasa sedang mengelilinginya.

Penampakan kawah di planet Mars. [YouTube/@European Space Agency, ESA]

Ditemukan di sebelah selatan Kutub Utara Mars, Kawah Korolev memiliki lebar 82 kilometer dan ketebalan es di dalam kawah mencapai 1,8 kilometer. Es tersebut tidak mencair karena lapisan udara di atas es didinginkan.

Mengingat udara adalah penghantar panas yang buruk, itu tidak memindahkan banyak suhu panas dari udara panas di atasnya ke reservoir es, sehingga lapisan udara yang sejuk melindungi reservoir es agar tidak meleleh.

Meskipun es bukan hal baru yang ditemukan di Planet Mars, karena lokasi es yang berada di dalam kawah memicu minat yang besar bagi para peneliti. Pasalnya, permukaan kawah yang terselimuti es ini kembali menimbulkan spekulasi adanya kehidupan di Mars.

Dilansir dari IFL Science, Senin (6/7/2020), video terbaru ini memberikan pandangan yang cukup realistis dari fitur Mars yang mengesankan. Kawah tersebut dinamai dari Sergei Pavlovich Korolev, Bapak Teknologi Luar Angkasa Rusia.

Korolev berperan penting dalam pengembangan prekursor roket Soyuz, roket R-7, dan dalam spaceflight manusia pertama.

Meski begitu, video ini juga tidak akan tercipta tanpa Mars Express Orbiter. Diluncurkan pada 2003, wahana antariksa ini telah memberi banyak informasi tentang Planet Merah selama hampir dua dekade.

Itulah penampakan Kawah Korolev di planet Mars yang berwarna putih berisi es. Bentuknya jadi mirip kawah marshmallow raksasa. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Usai Misi ke Bulan dan Mars Berhasil, Kini China akan Kirim Dua Pesawat Antariksanya ke Jupiter dan Uranus