Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 18 Juli 2020 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada Mei lalu, roket SpaceX yang membawa astronot Amerika Serikat ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) akan kembali ke Bumi pada 2 Agustus nanti. 

Dua astronot kembali ke Bumi menggunakan Crew Dragon, yang merupakan kapsul swakemudi yang membawa keduanya ke ISS lalu. 

Badan antariksa AS (NASA) mengatakan dua astronotnya Bob Behnken dan Doug Hurley yang telah menghabiskan dua bulan dalam misi uji coba bernama Demo-2 itu akan mendarat di tengah Lautan Atlantik.

Meski demikian sebelum pulang ke Bumi, Behnken akan melakukan spacewalk terakhirnya di luar ISS pada 21 Juli pekan depan. Adapun kepastian kepulangan kedua astronot itu masih akan ditentukan oleh kondisi cuaca dan ada kemungkinan kepulangan mereka diundur.

Mainan dinosaurus pada peluncuran astronot NASA dengan roket SpaceX. (NASA TV via Twitter/ BrianPBosche)

Demo-2 sendiri adalah misi berawak pertama AS dalam hampir 10 tahun terakhir. Sejak 2011 astronot-astronot AS selalu menumpang di roket-roket Rusia untuk pergi ke ISS.

Tetapi berkat SpaceX, AS kini bisa kembali mengirim astronot ke luar angkasa dengan pesawat sendiri. SpaceX tidak sendiri, karena pada 2021 mendatang rivalnya Boeing juga berencana membawa astronot ke luar angkasa menggunakan roket barunya, CST-100 Starliner.

NASA mengucurkan dana hampir 8 miliar dolar AS ke SpaceX dan Boeing untuk dua perusahaan tersebut membangun roket antariksa. (Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Bulan, Lengkap Fakta Menariknya