Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 21 Juli 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu sempat heboh penampakan ikan dengan gigi mirip manusia. Satwa dengan bentuk unik ini bernama Triggerfish.

Penampakan ikan Triggerfish sendiri viral di media sosial dibagikan ulang oleh akun Twitter @raff_nasir.

Dalam foto tersebut tampak susunan gigi mirip dengan manusia bahkan pada bagian bibir ikan ini tak seperti ikan biasanya.

"Bibir dia lagi seksi dari aku," tulis akun @raf_nasir, dari unggahan tersebut banyak komentar nitizen lainnya yang unik-unik, ikan tersebut bernama Triggerfish.

Triggerfish adalah seekor ikan yang memiliki 40 spesies yang tersebar di seluruh lautan dunia dan cukup akrab bagi para penyelam. Melansir dari National Geographic, triggerfish memiliki nama ilmiah atau termasuk dalam klasifikasi Balistidae, Jenis terbesar dari ikan ini adalah Stone triggerfish yang memiliki panjang hingga 3,3 kaki dan biasanya ditemukan di wilayah perairan Pasifik Timur, dari Meksiko hingga Chile.

Ikan unik ini mencari mangsa dengan cara mangsa dengan menggali yaitu seperti kepiting dan cacing, ikan ini menyemprotkan air dari mulut mereka. Triggerfish menggunakan gigi dan rahang yang sangat kuat untuk mengambil bulu babi dan membaliknya untuk memperoleh bagian perutnya.Mereka juga memakan udang serta lobster.

Reproduksi dan perilaku triggerfish

Triggerfish. (Twitter/@raff_nasir)

Triggerfish termasuk jenis ikan yang cenderung menyendiri tetapi saling bertemu di tempat tertentu pada saat musim kawin tiba, musim kawin mereka bergantung pada bulan dan pasang surut. Jenis triggerfish jantan ini membangun wilayah pada tempat pemijahan mereka dan menyiapkan sarang pada dasar laut guna menampung puluhan ribu telur dari triggerfish.

Ikan jantan maupun betina dari triggerfish akan saling melingkar satu sama lain dalam satu sarang untuk menyimpan hasil telur mereka. Ikan betina dapat menyimpan sekitar 772.415 telur. Triggerfish termasuk hewan yang cukup agresif, jika melihat pengganggu di sekitar sarang, mereka akan cenderung menyerang dengan menggigit.

Konservasi

Ikan aneh bergigi manusia. [Twitter]

Ikan yang satu ini termasuk jenis hewan yang dianggap menarik, beberapa spesiesnya menjadi sangat populer karena memiliki keunikan. Beberapa spesies dari mereka sudah hampir punah dan banyak nelayan yang juga berusaha menangkap mereka.

Itulah keunikan Triggerfish, ikan unik dengan bentuk gigi mirip manusia. Saking uniknya menarik perhatian netizen hingga viral di media sosial. (Suara.com/ Vita).

BACA SELANJUTNYA

Pergi ke Pantai, Bocah Cilik Ini Temukan Gigi Raksasa Megalodon