Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 28 Juli 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ilmuwan telah berhasil menemukan sebuah lubang biru misterius di dasar samudera sekitaran prairan Florida, Amerika Serikat (AS).

Rencananya, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA) bakal mengeksplorasi temuan misterius yang dinamakan Green Banana tersebut.

Menurut laporan New York Post pada Senin (27/7/2020), eksplorasi ini bertujuan untuk menemukan bentuk kehidupan di dasar lautan dengan kedalaman 425 kaki atau sekitar 129,5m.

Rencananya, misi Green Banana akan berlangsung selama tiga tahun dan berfokus pada penelitian keanekaragaman hayati yang mungkin hidup di dalamnya.

Secara teknis, penelitian akan melibatkan para penyelam dan peralatan pemantauan jarak jauh untuk menelusuri potensi kehidupan di wilayah misterius tadi.

Ilustrasi gua di samudera [Shutterstock].

Para peneliti dalam misi ingin memeriksa setiap mikroba yang ditemukan di lubang itu serta mengetahui kandungan nutrisi lubang biru yang memungkinkan organisme hidup.

Meski sebatas hipotesis, mereka juga berencana meneliti kemungkinan adanya hubungan antara Green Banana dengan sistem air tanah Florida.

Andai rencana berjalan mulus, penyelaman perdana akan berlangsung Agustus mendatang, disusul penyelaman lanjutan tahun depan.

"Lubang biru adalah komunitas biologis beragam yang penuh dengan kehidupan laut, termasuk karang, spons, moluska, penyu, hiu, dan banyak lagi," jelas juru bicara NOAA.

"Air laut di lubang-lubang itu unik karena mengandung unsur kimia tertentu, dan tampaknya berinteraksi dengan air tanah dan kemungkinan lapisan akifer. Penelitian ini akan berkontribusi pada hubungan karbon antara air permukaan laut dan air tanah," demikian penjelasan detailnya.

Itulah temuan baru lubang biru misterius di perairan Florida. Akankah NOAA bakal mengungkap apa saja isinya? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Deretan Prediksi Badai Sepanjang 2021, Waspadai Sejak Dini