Sabtu, 15 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 31 Juli 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Pandemi Covid-19 ternyata membuat dua orang paling berpengaruh di dunia teknologi saat ini cukup "bersitegang". Bill Gates menyemprot dan mengecam Elon Musk agar fokus mengembangkan mobil listrik saja dibandingkan berkomentar mengenai pandemi.

Pendiri Microsoft tersebut meminta Elon Musk untuk tak terlalu banyak berkomentar mengenai pandemi karena bos Tesla itu tak terlibat dalam pembuatan vaksin.

Elon Musk terkenal dengan beragam cuitan kontroversial soal pandemi.

Ia pernah mencuitkan pada Juni 2020 bahwa terdapat "kesalahan diagnosa positif" sehingga angka penderita terlampau banyak.

Elon Musk juga pernah mengatakan bahwa "anak-anak pada dasarnya kebal" meskipun Mayo Clinic dan Harvard Medical School menjelaskan bahwa anak-anak dari segala usia dapat terinfeksi COVID-19.

Elon Musk. (YouTube/ TED)

Dikutip dari Business Insider, Bill Gates meminta Elon Musk agar tidak berkomentar terlalu tinggi di masa pandemi ini.

Sebaliknya, ia meminta Elon Musk untuk fokus kepada bidang keahliannya saja seperti pengembangan roket dan produksi mobil listrik.

Bill Gates berpandangan bahwa seseorang yang tidak terlibat dalam pembuatan vaksin dan "tidak kompeten" di bidang kesehatan lebih baik berbicara sesuai bidang mereka saja.

Sebagai informasi, Elon Musk yang masuk dalam daftar 10 besar orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index (30 Juli 2020) ini terkenal sebagai pendiri Tesla (mobil listrik) dan SpaceX (perusahaan antariksa swasta).

Elon Musk masuk dalam daftar 10 besar orang terkaya di dunia. (Bloomberg Billionare Index)

Bill Gates berpendapat bahwa CEO Tesla, Elon Musk, harus tetap berpegang pada bidang keahliannya alih-alih menyebarkan kontroversi tentang virus corona.

Namun dia menilai bahwa Elon Musk hebat soal mobil listrik dan roket lewat SpaceX sehingga ia meminta Elon Musk berhenti membuat pernyataan kontroversial terutama soal pandemi.

Bill Gates mengomentari dan mengecam Elon Musk secara tidak langsung melalui wawancara dengan CNBC.

Ia bahkan menilai pendapat Elon Musk mengenai pandemi ini sangat "tinggi" dan keterlaluan.

Roket Falcon 9 yang dikembangkan SpaceX milik Elon Musk. (SpaceX)

"Positioning Elon Musk (mengenai pandemi) sangat tinggi dan keterlaluan. Dia tidak banyak terlibat dalam vaksin. Dia membuat mobil listrik yang hebat. Dan roketnya bekerja dengan baik. Jadi dia diizinkan untuk mengatakan hal-hal seputar itu saja. Saya harap dia tidak membingungkan daerah-daerah di mana dia tidak terlibat terlalu banyak (topik pandemi)," kata Bill Gates kepada CNBC.

Selain membicarakan Elon Musk, Bill Gates juga menyoroti bagaimana cepatnya kekeliruan mengenai pandemi yang berkembang lewat media sosial.