Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 24 Agustus 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA mendeteksi asteroid berpotensi menabrak Bumi jelang pemilihan Presiden Amerika Serikat yang mempertemukan Joe Biden dan Donald Trump. 

Asteroid 2018VP1 ini berpeluang 0,41 persen untuk hantam Bumi. NASA memprediksi asteroid tersebut akan melintas pada 2 November mendatang. 

Dikutip dari Mirror, Minggu (23/8/2020), asteroid 2018VP1 pertama kali diidentifikasi oleh Palomar Observatory di California sekitar dua tahun lalu.

Asteroid tersebut masuk dalam kategori objek luar angkasa yang tidak berpotensi membahayakan Bumi karena ukurannya kecil, yakni berdiameter sekitar dua meter (6,5 kaki).

Simulasi lintasan asteroid 2018VP1. [spacereference.org]

Sedangkan objek yang berpotensi berbahaya (biasanya asteroid atau komet) diidentifikasi oleh NASA sebagai benda yang memiliki orbit yang membawa mereka dekat dengan Bumi, dan dengan ukuran cukup besar sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan regional yang signifikan jika menabrak planet.

Menariknya, kabar kemunculan asteroid 2018VP1 tidak lama setelah NASA kecolongan mendeteksi asteroid seukuran mobil jenis SUV yang nyaris menabrak Bumi pada pekan lalu.

Dikenal sebagai 2020QG, asteroid tersebut terbang hanya 1.830 mil di atas Samudera Hindia selatan pada 16 Agustus lalu dan tercatat sebagai asteroid terdekat yang pernah terbang melewati Bumi.

2020QG diperkirakan memiliki diameter antara 2,9 m dan 6,4 m. Jika dianalogikan, ukuran besaran asteroid tersebut kira-kira sama dengan mobil SUV. (Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

5 Tempat Terpanas di Bumi, Ada yang Tembus 70 derajat Celcius