Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 25 Agustus 2020 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Versi ekspor dari pesawat tempur generasi kelima Sukhoi Su-57 Rusia akan dipamerkan pada acara militer bergengsi Army-2020. Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target militer di udara, darat dan laut.

Salah satu kelebihan dari Su-57 generasi terbaru adalah fitur teknologi siluman untuk menghindari radar musuh.

Army-2020 merupakan forum acara militer yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Forum Teknis-Militer Internasional ke-6 "Army-2020" akan diselenggarakan dari 23 hingga 29 Agustus 2020 di Patriot Expo, Pangkalan Udara Kubinka, Rusia.

Lebih dari 15 negara ikut berpartisipasi dalam mengirimkan tim militer delegasinya pada Army-2020.

Pesawat jet tempur siluman Sukhoi Su-57. (YouTube/ Armies Power)

"Versi ekspor Su-57E dari pesawat tempur generasi kelima akan didemonstrasikan untuk pertama kalinya di forum Angkatan Darat sebagai bagian dari pertunjukan statis dan juga akan meluncur di bawah program penerbangan," kata petinggi Rostec dikutip dari kantor berita Rusia TASS.

Pengunjung forum juga dapat melihat penerbangan pesawat tempur multiperan ringan MiG-35, helikopter pengintai dan serang Ka-52, serta pesawat tempur berbasis dek Ka-27M yang telah di-upgrade.

Jet tempur Su-57 memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas.

Pesawat mampu mengembangkan kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik paling canggih, termasuk komputer onboard "powerful" (yang disebut electronic second pilot).

Pesawat jet tempur siluman Sukhoi Su-57. (YouTube/ Armies Power)

Sistem radar tersebar di seluruh tubuhnya dan beberapa inovasi lain termasuk persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.

Sukhoi Su-57 mengudara untuk pertama kalinya pada 29 Januari 2010. Setelah dipamerkan, versi ekspor dari Su-57 (Su-57E), diharapkan akan dikirim pada 2020.

Pesawat tempur ini didesain memiliki kemampuan supercruise, supermanuver, mode siluman, dan avionik canggih untuk mengatasi pesawat tempur generasi sebelumnya.

Senjata disimpan di dalam badan pesawat dan antena tersembunyi dari permukaan pesawat untuk mempertahankan mode siluman.

Menggunakan mesin jet teknologi terbaru, Su-57 dapat melesat pada kecepatan maksimum Mach 2 (2.120 km per jam) dengan jangkauan supersonik 1.500 kilometer.

Untuk pertempuran udara-ke-udara, Sukhoi Su-57 dapat membawa empat rudal jarak jauh dan dua rudal jarak pendek.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Rusia Siap Uji Coba Bahan Bakar Nuklir Jenis Baru, Efisiensi Diklaim Meningkat Signifikan