Minggu, 20 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 15 September 2020 | 14:23 WIB

Hitekno.com - Dari sekian banyak spesies hewan di Afrika, burung sunbird satu ini cukup menarik perhatian. Dijuluki sebagai beautiful sunbird (Cinnyris pulchella) burung pemakan nektar ini memiliki karakter menarik.

Sama seperti namanya "sunbird" atau "burung Matahari", hewan ini memiliki kilauan bulu yang memesona.

Spesies jantan dari sunbird biasanya lebih berwarna jika dibandingkan betina.

Bulu mereka (terutama jantan) seringkali memancarkan pantulan seperti kilau logam jika terkena cahaya Matahari.

Spesies jantan cenderung berkepala gelap, dengan bagian atas berwarna hijau metalik cerah, dada merah tua dan perut berwaran kuning serta hitam.

Beautiful sunbird atau Cinnyris pulchellus. (Twitter/ worldbirds32)

Sementara spesies betina berwarna coklat pada bagian atas dan kekuningan di bagian bawahnya.

Dikutip dari Wikipedia, beautiful sunbird (Cinnyris pulchella) merupakan hewan asli Afrika yang jangkauannya membentang dari Senegal dan Guinea di barak ke Sudan, Ethiopia, dan Kenya di bagian timur.

Mereka memakan sebagian besar nektar, meskipun mereka juga akan memakan serangga, terutama saat memberi makan anak-anak.

Sebagian besar spesies dapat mengambil nektar dengan melayang seperti burung kolibri, tetapi biasanya butuh bertengger sebentar untuk makan. Beautiful sunbird atau burung Matahari indah cukup imut dan kecil.

Mereka memiliki panjang 10 sentimeter dengan tambahan ekor pejantan yang bisa mencapai 5 sentimeter.

Spesies ini ditemukan di berbagai habitat terbuka dengan beberapa pohon, termasuk sabana, semak-semak di tepi sungai, hutan bakau, tepi pantai, dan taman.

Beautiful sunbird termasuk kelompok burung pengicau yang termasuk non-migrasi (burung menetap).

Dikutip dari Softschool, hewan tersebut tinggal di habitat yang sama sepanjang tahun dan melakukan perjalanan jarak pendek menuju daerah yang menyediakan lebih banyak makanan.

Dilihat dari video yang dibagikan oleh akun fanspage Twitter @worldbirds32, kita bisa melihat salah satu spesies beautiful sunbird yang memiliki kilauan bulu memesona dan kicauan merdu. Sebagian besar sunbird dapat bertahan hidup di alam liar dari rentang 7 hingga 16 tahun.