Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 24 September 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika orang Indonesia pada umumnya dikenal punya mata hitam khas Asia, Suku Buton di Sulawesi Tenggara rupanya memiliki penampilan yang berbeda. Mata biru yang indah khas orang Eropa menjadi salah satu perbedaan suku ini dengan orang Indonesia lainnya.

Orang dengan mata biru yang tinggal di Indonesia ini diketahui berasal dari Suku Buton yang tinggal di Siompu, sebuah kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Belum lama ini, foto-foto Suku Buton menjadi viral di Instagram usai diunggah @makassar_iinfo. Disebutkan dalam keterangan foto tersebut, Suku Buton memiliki sindrom Waardenburg yang merupakan kelainan genetik.

Sindrom Waardenburg ini dipercaya merupakan kelainan genetik yang langka. Penyebab dari kelainan ini adalah mata yang berwarna biru dan kemerahan.

Selain karena sindrom tersebut, sejarah menyebutkan bahwa orang-orang dengan mata biru dari Suku Buton disebabkan oleh garis keturunan yang masih ada kaitan dengan orang Portugis di abad ke-16.

Mata biru di Indonesia. (instagram/makassar_iinfo)

Dikisahkan pada tahun 1600 tersebut, warga Siompu hidup bersama bangsa Portugis. Pemimpin Portugis lalu menikah dnegan gadis lokal bernama Waidawula yang merupakan bangsawan Wollo.

Diduga kuat, pernikahan ini yang lalu membuat sebagian Suku Buton memiliki penampilan yang hampir mirip dengan orang Eropa dengan mata biru dan tubuh tinggi.

Selain ada di Sulawesi, rupanya pemilik mata biru lainnya juga ada di Lamno, Aceh Barat serta Suku Lingon yang hidup di pedalaman Halmahera Timur.

Mata biru di Indonesia. (instagram/makassar_iinfo)

Menjadi negara yang dijajah, tidak bisa dipungkiri jika beberapa daerah di Indonesia merupakan hasil kawin campur dengan orang-orang di luar Indonesia. Salah satu buktinya adalah dengan pemilik mata biru dari Suku Buton ini.

BACA SELANJUTNYA

Tips Mudik Asyik dengan HP Rp 1 Jutaan ala POCO