Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 22 Oktober 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Astronot NASA, Chris Cassidy yang tengah menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak awal April lalu. Yakni di saat pandemi ini sedang memburuk.

Chris Cassidy bersama dua kosmonot Rusia, dijadwalkan bakal kembali ke Bumi minggu ini setelah enam bulan bertugas di stasiun luar angkasa.

Karenanya, astronot NASA ini berpikir harus mulai berlatih untuk menghadapi kehidupan di tengah pandemi saat kembali ke Bumi.

Pada 20 Oktober, Cassidy mengunggah potret dirinya mengenakan masker penutup wajah di ISS melalui akun Twitter @Astro_SEAL.

"Melatih diri saya untuk realitas baru ketika saya pulang pada Rabu," cuitnya.

Astronot NASA bermasker. [Twitter]

Cassidy bersama dengan Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner dari Roscosmos menjalani masa karantina standar sebelum diluncurkan ke ISS.

Dikarenakan peluncuran dilakukan di tengah pandemi, ada beberapa batasan lebih dari biasanya, seperti pengurangan kru pendukung di lokasi peluncuran dan tidak ada tamu yang diizinkan.

Dilansir dari CNET, Rabu (21/10/2020), aturan karantina yang ketat dan pemeriksaan kesehatan akan menunjukkan bahwa semua awak yang diterbangkan ke ISS telah terbebas dari virus Corona.

Penghuni ISS tidak harus menggunakan masker wajah, tetapi Cassidy sangat menyadari keadaan yang berbeda di Bumi jika ia pulang.

Astronot NASA bermasker. [Twitter]

Beberapa penggemar luar angkasa mengomentari tweet Cassidy dengan mendoakan perjalanan pulang yang aman, sementara yang lain menyarankan dia harus mencoba untuk tetap berada di orbit sedikit lebih lama.

NASA TV akan menyiarkan perjalanan pulang Cassidy, termasuk rencana pendaratan di Kazakhstan. Setidaknya, astronot itu telah siap untuk menghadapi realita kehidupan di Bumiyang sedang berlangsung dengan melatih dirinya menggunakan masker.

Itulah kisah astronot NASA, Chris Cassidy yang sudah berlatih menggunakan masker sebelum pulang ke Bumi. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

NASA Temukan Planet Mirip Bumi yang Kedua, Bisa Dihuni Manusia?