Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 Desember 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Misi China untuk mengambil sampel Bulan telah berhasil mendarat di Bumi. Kapsul dari misi Chang'e 5 ini jadi pertama kali dalam empat dekade membawa sampel material satelit alami tersebut.

Kapsul dari misi China dengan membawa sampel Bulan ini telah berhasil mendarat di Mongolia Dalam pada 16 Desember pukul 12.59 malam EST, resmi mengakhiri misi Chang'e 5.

Pengambilan sampel Bulan terakhir dilakukan oleh misi Luna 24 milik Uni Soviet yang membawa sekitar 170 gram sampel pada 1976. Material yang dibawa Chang'e 5 seharusnya jauh lebih banyak, sekitar 2 kilogram.

Dengan keberhasilan ini, China menempatkan diri sebagai negara ketiga yang membawa material Bulan ke Bumi.

Dua negara lainnya adalah Uni Soviet dan Amerika Serikat, yang membawa pulang sekitar 382 kilogram batuan dan tanah Bulan dalam enam misi Apollo antara 1969 dan 1972.

Kapsul berisi sampel Bulan dari misi Chang'e-5 mendarat di Bumi. [Clep.org.cn]

Menurut para ahli, sampel yang dibawa Chang'e 5 diharapkan dapat memberikan informasi baru mengenai sejarah dan evolusi Bulan, mengingat sampel yang diambil di wilayah Mons Rumker dari dataran vulkanik, besar Oceanus Procellarum diperkirakan terbentuk sekitar 1,2 miliar tahun yang lalu.

"Semua batuan vulkanik yang dikumpulkan oleh Apollo berusia lebih dari 3 miliar tahun sehingga sampel yang dibawa Chang'e 5 adalah material yang lebih muda di Bulan," kata Bradley Jolliff, seorang ilmuwan planet di Universitas Washington, seperti dikutip Space.com, Kamis (17/12/2020).

Pendaratan ini adalah pendaratan kedua yang terjadi dalam 11 hari terakhir. Sebelumnya pada 5 Desember, Jepang berhasil membawa pulang sampel dari asteroid Ryugu dalam misi Hayabusa 2 yang mendarat di pedalaman Australia.

China saat ini sudah memiliki tiga pesawat luar angkasa aktif di permukaan Bulan yang mencakup pendarat Chang'e 3, pendarat Chang'e 4, dan penjelajah Yutu 2. Semua misi ini adalah bagian dari program eksplorasi Bulan yang ambisius di China.

Itulah keberhasilan misi membawa sampel Bulan ke Bumi yang dilakukan China. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Stabil Usai Dihajar Sanksi AS, Industri Chip China Malah Terancam Terpukul oleh Hukuman Jepang