Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 Februari 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan mumi lidah emas yang diduga berasal dari 2.000 tahun silam. Para arkeolog menemukannya di situs Mesir kuno, bernama Taposiris Magna.

Kenapa sampai mumi ini memiliki lidah emas menarik perhatian para arkeolog dan peneliti untuk mengetahuinya.

Menurut pernyataan Kementerian Barang Antik Mesir pada 29 Januari, orang yang mengawetkan mumi itu mungkin menempatkan lidah emas pada mumi untuk memastikan bahwa almarhum dapat berbicara di akhirat.

Diharapkan, jika mumi berlidah emas bertemu dengan Osiris, dewa dunia bawah, di akhirat maka mumi itu bisa berbicara dengan sang dewa.

Namun, tidak jelas apakah mumi itu memiliki gangguan bicara saat hidup dan mengapa lidah secara khusus terbuat dari emas.

Mumi berlidah emas. [Livescience]

Tim arkeolog yang dipimpin oleh Kathleen Martinez dari Republik Dominika menemukan mumi di salah satu dari 16 pemakaman di Taposiris Magna yang memiliki kuil.

Kuil tersebut didedikasikan untuk Osiris dan Isis, dewi yang merupakan istri dan saudara perempuan Osiris.

Sebelumnya, para arkeolog menemukan tumpukan koin yang dihiasi dengan wajah Cleopatra VII, menunjukkan bahwa kuil-kuil itu digunakan selama pemerintahan ratu.

Sebanyak 15 pemakaman lainnya juga berusia sekitar 2.000 tahun dan berisi harta karun sejarah. Salah satunya, seorang mumi perempuan mengenakan topeng kematian yang menutupi sebagian besar tubuhnya dan menggambarkannya dengan hiasan kepala yang tersenyum.

Dua mumi lainnya ditemukan dengan sisa-sisa gulungan yang saat ini sedang dianalisis dan diuraikan oleh para peneliti.

Ilustrasi peti Mesir kuno. (Shutterstock)

Dilansir dari Live Science, Selasa (2/2/2021), tim juga menemukan beberapa patung yang menggambarkan orang-orang yang dimakamkan di situs tersebut.

Menurut pernyataan, patung-patung itu terawat dengan sangat baik dan bahkan para ahli masih bisa melihat gaya rambut dan hiasan kepala setiap patung.

Meskipun para arkeolog tidak yakin secara pasti kapan mumi-mumi itu meninggal dunia, tim ahli menduga bahwa orang-orang tersebut hidup pada masa ketika Mesir diperintah oleh Ptolemeus (sekitar 304 SM hingga 30 SM), yang merupakan keturunan salah satu jenderal Alexander Agung.

Hingga saat ini, Martinez dan timnya masih melakukan penggalian di situs dan analisa temuan sedang berlangsung.

Itulah temuan mumi lidah emas berusia 2.000 tahun di situs Mesir kuno, bernama Taposiris Magna. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Potensi Sangat Besar, Menpora Serukan Timnas Esports Rebut Medali Emas di SEA Games 2023