Kamis, 25 Februari 2021
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 21 Februari 2021 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada 18 Februari 2021 lalu NASA berhasil mendaratkan robot penjelajah Perseverance di permukaan Mars. Hanya beberapa menit setelah melakukan pendaratan, penjelajah ini mengirim dua gambar pertama ke Bumi dari penampakan Kawah Jezero, lokasi di mana ia mendarat.

Setelah perjalanan selama tujuh bulan ke Mars, Perseverance menyelesaikan prosedur pendaratan berbahaya yang dijuluki tujuh menit teror. Pendaratan diumumkan sebelum pukul 4 sore EST di markas Jet Propulsion Laboratory NASA.

Gambar ini diambil dengan kamera yang dipasang pada pesawat luar angkasa dan berupa gambar hitam putih. Diambil saat penutup masih terpasang pada lensa kamera sebagai perlindungan. Gambar-gambar yang akan dikirim penjelajah di masa mendatang akan jauh lebih mengesankan.

Dilansir dari Space.com pada Jumat (19/2/2021), gambar pertama menunjukkan bayangan dari penjelajah itu sendiri di permukaan Mars. Gambar-gambar baru juga akan membantu anggota tim misi mengidentifikasi dengan tepat di mana zona pendaratan Perseverance.

Pesawat Perseverance NASA mendarat di Mars [Foto: Gizmodo]

Dan gambar-gambar itu persis seperti yang ingin dilihat para ilmuwan dalam misi, yaitu memamerkan permukaan berbatu di Kawah Jezero Mars.

Para ilmuwan misi memilih lokasi ini karena percaya ketika Planet Merah masih tertutup air, Kawah Jezero dulunya adalah sebuah danau dengan delta sungai yang mengendapkan sedimen di dasarnya.

Dengan mempelajari bebatuan ini, para ilmuwan berharap untuk lebih memahami kelayakan hunian Planet Mars dan menginformasi pencarian jejak kehidupan di Planet Merah. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Inilah Negara Arab Pertama yang Bisa Sampai di Mars