Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 07 Maret 2021 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama ini dinosaurus identik sebagai hewan prasejarah yang tidak hanya menakutkan, namun juga pembunuh ganas. Namun siapa sangka ada makhluk lain yang hidup di Bumi lebih menyeramkan.

Menurut penelitian arkeolog ada beberapa hewan pembunuh lainnya yang pernah hidup di Bumi, jauh sebelum kemunculan dinosaurus.

Salah satu hewan ini adalah Anteosaurus berahang besar yang dianggap lamban. Namun, dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa hewan itu adalah pemburu yang ganas dan cepat.

Para ilmuwan di University of the Witwatersrand, Afrika Selatan, menggambarkan Anteosaurus sebagai pembunuh pemburu yang ganas.

Anteosaurus adalah dinosepalia dengan ukuran sebesar kuda nil. Tim ilmuwan menjelaskannya sebagai reptil mirip mamalia.

Hewan ini berkembang biak di Afrika sekitar 260 juta tahun lalu, tetapi mati 30 juta tahun sebelum dinosaurus pertama.

Penelitian sebelumnya tentang Anteosaurus menunjukkan bahwa hewan itu sangat berat dan lambat sehingga mungkin harus hidup di air.

Anteosaurus. [University of the Witwatersrand]

Tim dari Wit University kemudian membuat rekonstruksi 3D tengkorak Anteosaurus dan menemukan beberapa data baru yang mengejutkan tentang otak, bagian tubuh, dan kemungkinan keterampilan berburu di darat.

"Dalam membuat rekonstruksi paling lengkap dari tengkorak Anteosaurus hingga saat ini, kami menemukan bahwa secara keseluruhan, sistem saraf Anteosaurus dioptimalkan dan dikhususkan untuk berburu dengan cepat, tidak seperti yang diyakini sebelumnya," kata Ashley Kruger, ahli paleontologi, seperti dikutip dari CNET, Jumat (5/3/2021).

Kruger adalah rekan penulis makalah tentang Anteosaurus yang diterbitkan online bulan lalu di jurnal Acta Palaeontologica Polonica.

Studi tersebut menunjukkan bagaimana rekonstruksi komputer dapat mengubah wawasan yang diketahui manusia tentang hewan yang sudah lama punah.

Tim ilmuwan yang terlibat dalam studi tersebut percaya bahwa meskipun Anteosaurus hidup 200 juta tahun sebelum dinosaurus terkenal Tyrannosaurus rex, Anteosaurus bukan makhluk primitif dan tidak kalah dengan pembunuh prasejarah yang perkasa.

Itulah hasil penelitian terbaru dari Anteosaurus, makhluk pembunuh ganas yang menurut para arkeolog hidup jauh sebelum kemunculan dinosaurus. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Adanya Mega-Tsunami di Masa Lalu yang Picu Kepunahan Besar-besaran