Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 12 Maret 2021 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah terowongan rahasia ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang teknisi listrik dari Western Power Distribution (WPD). Terowongan rahasia tersebut merupakan dari abad ke-12 di dekat situs Biara di Wales. 

Pada saat itu, pekerja listrik tersebut sedang menggali lubang untuk tiang kabel listrik baru di halaman belakang pelanggannya di Monmouthshire, dekat perbatasan Inggris.

Sistem terowongan memiliki tinggi 1,2 meter dan terletak di sepanjang sungai yang mengalir melalui Desa Tintern dan Lembah Wye.

Anehnya, tidak ada catatan sejarah yang tertinggal mengenai terowongan tersebut.

Para arkeolog yang sekarang telah memeriksanya, tidak yakin untuk apa terowongan itu digunakan atau seberapa jauh terowongan tersebut membentang di bawah tanah.

Terowongan rahasia dari abad ke-12. [Westernpower]

"Tak lama setelah penggalian dimulai, tim menemukan terowongan yang awalnya dianggap sebagai gua. Selama bekerja sebagai teknisi, saya juga pernah terlibat dalam penggalian yang menemukan sumur tua dan gudang bawah tanah, tapi tidak ada yang semenarik dan mengesankan seperti ini," kata Allyn Gore, teknisi WPD yang terlibat dalam penemuan itu.

Perusahaan listrik tersebut kini telah mengalihkan pekerjaan pemeliharaan dari terowongan, sehingga para arkeolog dapat melakukan penyelidikan yang mungkin bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan.

Menurut WPD, terowongan tersebut tidak muncul di peta mana pun dari area yang dibuat oleh badan pemetaan nasional Inggris.

"Sebelum pekerjaan dimulai, semua pemeriksaan dan izin biasa dilakukan. Tapi tidak ada yang muncul di gambar atau catatan kami tentang situs tak biasa itu," tambah Gore, dikutip Live Science, Jumat (12/3/2021).

Terowongan juga berada di bawah jalan setapak di desa, sehingga warga setempat yang menggunakan jalan di atas terowongan selama berabad-abad tidak menyadarinya.

Menurut Cadw (layanan warisan budaya dan sejarah Pemerintah Weles), terowongan itu dapat dihubungkan ke Biara Tintern di dekatnya, yang dibangun biarawan Cistercian pada 1131 dan dianggap sebagai ikon nasional Wales.

Namun, biara tersebut runtuh setelah pembubaran biara yang dilakukan oleh Raja Henry VIII pada 1536, sehingga jika terowongan itu adalah bagian dari Biara Tintern, ini bisa menjelaskan mengapa tidak ada catatan mengenai terowongan yang masih ada.

Tim arkeolog yang sudah berkonsultasi dengan ilmuwan Cadw berencana untuk menggali situs tersebut dan berharap dapat mengungkapkan mengapa terowongan itu dibangun dan tujuannya. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Lebih dari Perkiraan, Ada Terowongan Rahasia dalam Gua Terbesar di Dunia